Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Raih Hampir 6 Juta Dollar AS dari Bisnis Expo di Mesir

Kompas.com - 25/09/2017, 20:02 WIB
Musthafa Abd Rahman dari Kairo, Mesir

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com - Rangkaian kegiatan Indonesia Expo 2017 oleh KBRI Kairo di Mesir berlangsung  sukses. Selain itu, laporan wartawan harian KompasMusthafa Abd Rahman dari ibu kota Mesir memaparkan, kegiatan ini juga menghasilkan potensi transaksi hingga hampir 6 juta dollar AS.  

Tepatnya, Indonesia expo 2017 menghasilkan potensi transaksi senilai 5,595 juta dollar AS dalam kegiatan Business Meeting dan Business Matching yang berlangsung di Semiramis Intercontinental Hotel, Cairo, Minggu malam lalu (24/9/2017).

Dari nilai potensi transaksi tersebut, yang terbesar diperoleh PT Megumi Shigen Indonesia dengan pesanan 50.000 ton cangkang sawit untuk bahan bakar pabrik semen di Mesir (5 juta dollar AS); PT Eshan Agrorina Mulia untuk pesanan rempah-rempah dari pengusaha Mesir yang selama ini mengimpor produk dari Thailand (300.000 dollar AS); AK Goldenesia dengan pesanan 5 kontainer shortening dan 5 kontainer vegetable ghee (195.000 dollar AS); serta PT Saesha Global Trading untuk pembangunan rumah bambu (100.000 dollar AS).

Total, terdapat 8 pengusaha yang menawarkan produk dan jasa Indonesia yang kemarin hadir dalam acara yang dipadati sekitar 150 tamu undangan itu. Mereka adalah CV Hanif Rattan, PT Megumi Shigen Indonesia, PT AK Goldenesia, PT Saesha Global Trading, PT Pertamina Lubricants, Citixpress Travel and Tour Advisor, Coffee Blanco, dan PT Eshan Agrorina Mulia.

Mereka bergerak di sektor kopi, pelumas, rotan, minyak kelapa sawit, dan pariwisata.
Meskipun telah memperoleh hasil yang memuaskan, Dubes RI untuk Mesir, Helmy Fauzy menyatakan, tidak akan berpuas diri.

Baca juga: Dua Patung Firaun Berusia 3.000 Tahun Ditemukan di Kairo Timur

Sebab, masih banyak potensi perekonomian yang berpeluang untuk ditingkatkan. Terutama, mengingat total perdagangan Indonesia dengan Mesir tahun lalu yang meningkat hanya 1,5 persen pada angka 1,4 miliar dollar AS, volume investasi Mesir di Indonesia yang baru mencapai 3,5 juta dollar AS, serta investasi Indonesia di Mesir sebesar 50 juta dollar AS.

Sektor lain yang perlu ditingkatkan adalah pariwisata, di mana jumlah wisatawan Mesir yang berkunjung ke Indonesia masih di bawah jumlah yang berkunjung ke negara-negara tetangga.

Selain interaksi bisnis, kegiatan di Semiramis Intercontinental Hotel kemarin juga diisi dengan sambutan oleh Ketua Kamar Dagang Provinsi Ismailiah, Akram Hussein H el Shafei, presentasi mengenai potensi perdagangan, investasi, dan pariwisata Kabupaten Karimun oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq, serta penyampaian “Success Story in Doing Business with Indonesia” oleh Muhamed Baraka, agen tunggal ban GT Radial.

Selanjutnya, sebagai bagian terakhir dari rangkaian kegiatan Indonesia Expo 2017, pada 26 September 2017 akan digelar Business Meeting dan Penampilan Budaya di Four Seasons Hotel, Alexandria.

Selain berkesempatan bertemu langsung dengan pengusaha Indonesia, para undangan juga akan disuguhi penampilan budaya oleh Sanggar Tari Angsana dari Karimun, serta penampilan budaya dari tim kesenian Mesir.

“Kami berharap agar kegiatan di Alexandria nanti akan juga akan memperoleh hasil yang memuaskan,” pungkas Dubes Helmy.

Sebelumnya, Indonesia Expo 2017 digelar di Mall of Arabia, salah satu mall terbesar di Cairo dari 21 hingga 23 September lalu. Pada acara tersebut, digelar pameran dagang investasi dan pariwisata Indonesia di Mesir.

Indonesia Expo 2017 merupakan pameran tunggal produk indonesia yang untuk pertama kalinya digelar oleh KBRI Cairo di pusat perbelanjaan di Mesir.

Event istimewa yang kemarin dihadiri oleh lebih dari 500 orang ini diselenggarakan untuk memperingati 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik Indonesia dan Mesir. Pembukaan acara tersebut dihadiri oleh Wakil Kementrian Luar Negeri Mesir, Mr Usama Tharwat, dan Sekretaris Jendral Federasi Kamar Dagang Mesir, Dr Alaa Ezz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com