Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2017, 22:27 WIB

SEOUL, KOMPAS.com – Empat jet tempur siluman F-35B dan dua pesawat pengebom strategis B-1B melakukan latihan pengeboman di udara Korea Selatan, Senin (18/9/2017).

Latihan itu jelas merupakan sebuah peringatan terhadap Korea Utara karena provokasi yang dilakukan negara itu baru-baru ini, kata seorang sumber pemerintah, seperti dilaporkan kantor berita resmi Korut, Yonhap.

Armada perang Angkatan Udara AS itu berlatih bersama dengan empat jet tempur F-15K milik Korsel dan kemudian kembali ke markas mereka di Jepang dan Guam, kara sumber.

Peraktik gabungan tersebut dilakukan tiga hari setelah Korut menembakkan rudal balistik jarak menengah dengan melintasi udara Jepang dan lalu jatuh di Samudera Pasifik.

Baca: Trump Kirim Jet Pengebom dan Siluman Canggih dari Guam ke Korea

Uji rudal balistik itu terjadi setelah uji coba nuklir keenam awal bulan ini, sebuah demonstrasi kekuatan militer Korut yang dikecam AS, Korsel, Jepang, dan negara sekutu AS di Pasifik.

Latihan bersama seperti pernah dilakukan pada 31 Agustus 2017. Militar AS belum mengonfirmasi penerbangan terbaru ini, seperti dilaporkan kantor berita Perancis, AFP.

Pada akhir Agustus lalu, Presiden AS Donald Trump mengirim jet-jet pengebom dan siluman dari pangkalan militer di Guam, Pasifik, dan Iwakuni, Jepang ke Semenanjung Korea.

Langkah itu jelas merupakan sebuah unjuk kekuatan skala besar melawan rezim Korut, Kim Jong Un, yang dua hari sebelumnya menembakkan rudal balistik jarak menengah melewati udara Jepang.

Trump mengirim jet-jet temput super canggih ke Korsel untuk ikut serta dalam latihan  menjatuhkan bom di Semenanjung Korea.

Baca: AS Kerahkan Jet Tempur Siluman F-22 ke Korsel

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com