Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Ini Tercekam Pedofil, 90 Persen Anak Usia Sekolah Jadi Korban

Kompas.com - 18/09/2017, 17:45 WIB

PERTH, KOMPAS.com - Kota di Australia Barat ini tercekam oleh pedofil. Kejahatan seksual terhadap anak-anak mewabah dengan 90 persen anak usia sekolah pernah menjadi korban.

Menurut The Independent, Senin (18/9/2017), dari hasil investigasi aparat mengungkapkan, tingkat kejahatan seksual terhadap anak-anak di sana sangat “mengejutkan”.

Bahkan pelecehan terhadap anak-anak dianggap normal. Polisi Australia Barat mengatakan, 90 persen anak-anak usia sekolah di kota itu menderita “penganiayaan” secara seksual.

Tiga puluh enam pria telah ditangkap karena melakukan lebih dari 300 serangan seksual terhadap 184 anak di kota Roebourne, Australia Barat. Hal itu sangat “mengejutkan”.

Kementerian Perlindungan Anak Australia Barat mengatakan, skala epidemi kejahatan pedofil ini sangat luas sehingga pelecehan seksual terhadap anak-anak dianggap "lumrah".

Di kota yang pada abad ke-19 pernah menjadi salah satu pusat pertambangan emas terpencil di Australia itu hidup penduduk asli Aborigin dengan jumlah populasi 1.410 jiwa.

Baca: Selebritas Mendukung Nafa Urbach Memburu Pedofil di Dunia Maya

Polisi telah mengidentifikasi 124 tersangka pedofil dari Roebourne dan komunitas masyarakat di sekitarnya dalam sebuah operasi, yang saat ini masih terus berjalan.

Jumlah korban yang terkonfirmasi, 90 persen dari populasi anak usia sekolah di kota tersebut telah menjadi korban serangan predator seks anak seperti dilaporkan The Australian.

Polisi mengatakan, diperkirakan kejahatan itu masih ada dan mungkin pelaku dan korban bisa bertambah sebab investigasi berlum berakhir.

Simon McGurk, Menteri Perlindungan Anak Australia Barat, mengatakan, pelecehan seksual terhadap anak-anak telah menjadi normal di setiap siklus “antargenerasi”.

"Anda harus mengakuinya, melalui angka-angka yang mulai kita ungkap," katanya. "Ini bersifat antargenerasi. Banyak pelaku ini juga menjadi korban."

Komisaris Polisi Australia Barat Karl O'Callaghan mengatakan, skala kejahatan itu adalah keadaan terburuk yang pernah terjadi di Australia Barat dan merupakan "krisis yang hampir tak berkesudahan".

Baca: Pedofil Australia Ditangkap di Bali

"Ini adalah zona perang dan korbannya adalah anak kecil," katanya.

O'Callaghan mengatakan, "Bila Anda melihat persentase, dalam sejarah penyelidikan polisi di Australia Barat, ini sangat fenomenal" di kota berpenduduk hampir 1.500 jiwa itu.

Roebourne adalah kota kecil yang terpencil, terletak di wilayah Pilbara, 1.500 km jauhnya dari Perth, ibu kota Australia Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com