AC Mati di Panti Perawatan, 8 Tewas dan 100 Orang Dievakuasi - Kompas.com

AC Mati di Panti Perawatan, 8 Tewas dan 100 Orang Dievakuasi

Kompas.com - 14/09/2017, 11:46 WIB
Delapan orang tewas dan lebih dari 100 orang dievakuasi dari panti parawatan ini.
AP via The Independent Delapan orang tewas dan lebih dari 100 orang dievakuasi dari panti parawatan ini.

MIAMI, KOMPAS.com - Polisi Florida, Amerika Serikat (AS), melakukan investigasi kriminal setelah delapan orang tewas dan lebih dari 100 orang dievakuasi di panti perawatan di sana.

Panti Pusat Rehabilitasi di Hollywood Hills, sekitar 31 km  dari Miami, itu dibiarkan tanpa pengatur suhu ruangan setelah diterpa badai Irma.

Pejabat mengatakan, suhu meningkat di Pusat Rehabilitasi di Hollywood Hills setelah mengalami "kegagalan daya berkepanjangan" ke transformator yang menghidupkan unit pendingin udara.

Menurut harian The Independent, Rabu (13/9/2017), melaporkan, tiga warga penghuni panti ditemukan tewas di fasilitas tersebut dan lima lainnya meninggal di rumah sakit.

"Ini adalah kejadian yang menyedihkan," kata Tomas Sanchez, Kepala Polisi Hollywood, dalam sebuah konferensi pers di mana dia mengatakan bahwa penyelidikan sedang dilakukan.

"Sebagai tindakan pencegahan, kami menugaskan polisi untuk memeriksa semua fasilitas perawatan di seluruh kota untuk memastikan mereka bisa merawat orang lanjut usia”.

Baca: Kisah Pasien Gangguan Jiwa Melahirkan di Panti Rehabilitasi Mental

Pada Selasa (12/9/2017), suhu terendah di Hollywood adalah 26 Celsius, demikian menurut Badan Cuaca Nasional AS. Panti perawatan tersebut tak memiliki daya listrik akibat badai Irma.

Geane Mitchell, perawat di panti tersebut mengatakan kepada saluran berita WSVN, bahwa ia sedang bersiap-ipa ke gempat kerja pada 07.00 dan bepergian beberapa hari ini.

Namun, saat Mitchell masuk untuk kembali bekerja, paramedis menutup pintu dan mengatakan bahwa dia tidak boleh masuk.

Tayangan televisi menunjukkan. awak penyelamat tiba di fasilitas tersebut pada Rabu tak lama setelah pukul 7.30 dan pasien duduk di luar dengan kursi roda. Yang lainnya dibawa dengan tandu.

Harian lokal, Miami Herald, mengutip Flora Mitchell, perempuan berusia 61 tahun, mengatakan ia datang untuk mencari informasi tentang saudara perempuannya.

Mitchell adalah penduduk lokal di sana sana selama 10 tahun. Dia bilang kakaknya tidak bisa bicara atau berjalan. "Saya tidak tahu apakah kakak saya bertahan," kata Mitchell.

Baca: Kakak Beradik yang Ditinggal Orangtua Kini Dibawa ke Panti Asuhan

Sedikitnya 27 orang meninggal di Florida dan negara-negara bagian lainnya yang bertetanggan akibat diterjang badai Irma.  Lebih dari 40 orang meninggal di Karibia.

Di AS, sekitar 4,3 juta rumah dan bisnis, atau sekitar sembilan juta orang, tidak memiliki listrik di Florida dan negara-negara terdekat pada Selasa kemarin, kata The Independet mengutip Reuters.

Perusahaan utilitas Florida Power & Light mengatakan, pihaknya telah memberikan kuasa ke beberapa bagian panti jompo Hollywood namun fasilitas tersebut tidak masuk dalam daftar tingkat atas untuk pemulihan daya darurat.

EditorPascal S Bin Saju
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM