Korban Gempa Meksiko Bertambah Jadi 61 Orang - Kompas.com

Korban Gempa Meksiko Bertambah Jadi 61 Orang

Kompas.com - 10/09/2017, 08:33 WIB
Sejumlah serdadu disiagakan setelah sebuah hotel ambruk di Kota Matias Romero, Negara Bagian Oaxaca.AFP Sejumlah serdadu disiagakan setelah sebuah hotel ambruk di Kota Matias Romero, Negara Bagian Oaxaca.


MEXICO CITY, KOMPAS.com - Korban tewas akibat gempa yang mengguncang Meksiko tercatat bertambah menjadi 61 orang.

Korban tewas diperkirakan akan terus bertambah. Operasi pencarian dan penyelamatan berlangsung dalam skala besar di negara bagian Tabasco, Oaxaca, dan Chiapas. Di wilayah itu, penduduk dikhawatirkan terjebak di antara reruntuhan bangunan.

Gempa pada Kamis (07/09/2017) menjelang tengah malam itu dirasakan oleh sekitar 50 juta warga Meksiko dan jumlah korban jiwa dikhawatirkan mungkin masih akan meningkat.

"Ini merupakan gempa bumi besar dari skala dan kekuatannya, yang terkuat dalam 100 tahun terakhir," kata Presiden Pena Nieto saat mengunjungi Pusat Penanganan Bencana Nasional.

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri RI menyebutkan tidak ada laporan WNI menjadi korban. Berdasarkan catatan Kedutaan Besar Indonesia di Meksiko, jumlah total WNI di Meksiko mencapai 289 orang, 190 di antaranya berada di Mexico City.

Gempat yang mengguncang Mexico kali ini merupakan yang terkuat sepanjang sejarah. Gempa itu berkekuatan 8,2 skala Richter di Samudra Pasifik, sekitar 87km di lepas pantai Pijijiapan. Baca: Inikah Gempa Terbesar dalam Sejarah Meksiko?

EditorHeru Margianto
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM