Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Makanan hingga Rp 1,3 M, Istri PM Israel Dituduh Korupsi

Kompas.com - 09/09/2017, 12:46 WIB

YERUSALEM, KOMPAS.com - Istri perdana menteri Israel, Sara Netanyahu, sudah mendapat informasi bahwa dia mungkin akan didakwa oleh Kejaksaan Agung terkait dugaan penyalahgunaan dana negara.

Dia dituduh menggunakan dana negara untuk kepentingan pribadi, seperti makan malam dan pesanan makanan senilai 359.000 shekel (mata uang Israel) atau sekitar Rp 1,3 miliar, demikian laporan BBC. (Catatan redaksi: sebelumnya BBC menyebutkannya Rp 1,3 triliun).

Sehari sebelum pengumuman Jaksa Agung, Avichai Mandelblit, Jumat (8/9/2017), Perdana Menteri sudah membantah berita-berita di media lewat halaman Facebook bahwa "semua klaim atas Sara Netanyahu tidak masuk akal dan akan terbukti tidak berdasar".

Masih belum jelas dampak politik dari pengumuman tersebut atas Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang juga sedang menghadapi penyelidikan atas dua kasus dugaan korupsi.
Yang pertama, yang dikenal dengan Kasus 1000, terkait dengan hadiah-hadiah yang diduga diterima perdana menteri dan keluarganya dari sekelompok pengusaha.

Baca juga: PM Israel Benjamin Netanyahu Semakin Terdesak akibat Skandal Suap

Sedangkan Kasus 2000 menyangkut upaya-upaya PM Netanyahu untuk menjamin peliputan yang positif oleh sebuah surat kabar Israel.

Tuduhan yang dibantah tegas oleh Netanyahu yang sudah menjabat sebagai perdana menteri selama 11 tahun dalam empat masa jabatan.

Sementara kasus yang menyangkut istrinya -yang menurut Kementerian Kehakiman sebagai 'skandal pemesanan makanan'- bersumber dari upaya Sara dan seorang asisten yang diduga memberi kesan seolah-olah tidak ada koki di kediaman resmi perdana menteri pada masa 2010-2013.

Padahal, menurut Kementerian Kehakiman, ada juru masak yang bertugas.

Foto Sara Netanyahu diambil pada 31 Januari 2017 menunjukkan istri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadiri event di Knesset (parlemen Israel) di Yerusalem.AFP PHOTO/GALI TIBBON Foto Sara Netanyahu diambil pada 31 Januari 2017 menunjukkan istri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadiri event di Knesset (parlemen Israel) di Yerusalem.
Dengan alasan tidak adanya koki maka bisa diperoleh dana negara untuk penyediaan makanan dari luar, yang memang ditanggung jika tidak ada koki, seperti tertulis dalam pernyataan Kementerian Kehakiman Israel.

"Dengan cara ini, ratusan makanan dari beberapa restoran dan koki senilai 359.000 shekel diterima dari negara secara curang," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Kepemimpinan PM Netanyahu -dengan dukungan Partai Likud yang beraliran konservatif- saat ini relatif stabil di tengah perekonomian Israel yang menguat.

Ditambah lagi dengan lemahnya saingan politik, maka seruan oposisi agar dia mengundurkan diri tampaknya tidak bergema kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com