Inikah Gempa Terbesar dalam Sejarah Meksiko? - Kompas.com

Inikah Gempa Terbesar dalam Sejarah Meksiko?

Kompas.com - 08/09/2017, 15:07 WIB
Gambar kerusakan bangunana yang disebut terjadi di Negara bagian Chiapas, Meksiko, akibat gempa bumi yang melanda pada Kamis tengah malam waktu setempat (7/9/2017).  Twitter/@justgonzo Gambar kerusakan bangunana yang disebut terjadi di Negara bagian Chiapas, Meksiko, akibat gempa bumi yang melanda pada Kamis tengah malam waktu setempat (7/9/2017).

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Gempa bumi 8,4 magnitudo yang menghantam wilayah Meksiko selatan pada Kamis tengah malam atau Jumat siang (8/9/2017) WIB, diperkirakan menjadi gempa terbesar dalam sejarah di negeri itu.

Jika data yang dirilis Dinas Seismologi Meksiko yang menyatakan kekuatan gempa mencapai 8,4 magnitudo terkonfirmasi, maka catatan gempa di tahun 1985 silam terpatahkan.

Sejarah mencatat, guncangan gempa bumi terbesar terakhir di Meksiko terjadi pada tahun tahun 1985.

Seperti diberitakan AFP, ketika itu gempa berkekuatan 8,1 magnitudo merenggut 10.000 korban jiwa.

Baca: Gempa Besar Hantam Meksiko, Peringatan Tsunami Menyusul

Sejak saat itu, otoritas Meksiko menerapkan standar bangunan yang lebih ketat, sekaligus mengembangkan sistem peringatan gempa menggunakan sensor yang ditempatkan di pantai.

Wilayah Meksiko berada di atas lima lempeng tektonik, yang menjadikannya sebagai salah satu negara paling rawan gempa di dunia.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut kekuatan gempa hari ini mencapai 8,1 magnitudo.

Guncangan gempa berpusat di lepas pantai di Pasifik, sekitar 120 kilometer barat daya kota Tres Picos di negara bagian Chiapas.

Gempa tersebut mengguncang wilayah yang amat besar, di mana getarannya terasa sejauh 1.000 kilometer dari pusat gempa ke arah utara Meksiko.

Warga setempat yang merasakan guncangan di tengah istirahat malam mereka, dilaporkan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.

"Berdasarkan semua data yang ada, gelombang tsunami yang meluas diperkirakan terjadi di beberapa pantai," demikian diumumkan Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

"Gelombang tsunami yang mencapai lebih dari tiga meter di atas permukaan air laut dimungkinkan terjadi di sepanjang pantai Meksiko."

Peringatan tsunami ini juga berlaku untuk wilayah Pantai Meksiko, yang merambat hingga ke arah Amerika Tengah di Guatemala, El Salvador, Kosta Rika, Nikaragua, Panama, dan Honduras, dan terus menyusur ke selatan Ekuador.

Gempa tersebut dirasakan di sebagian besar Guatemala, yang memang berbatasan dengan Chiapas.

EditorGlori K. Wadrianto
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM