Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karibia Disapu Badai Irma: 10 Orang Tewas, Ribuan Rumah Hancur

Kompas.com - 07/09/2017, 17:53 WIB

POINTE-A-PITRES, KOMPAS.com – Sedikitnya 10 orang tewas dan ribuan rumah hancur di Pulau St Martin dan sekitarnya di gugus kepulauan Karibia akibat diterjang badai Irma.

"Ini bukan korban terakhir. Kami perkirakan korban akan bertambah," kata pejabat Guadeloupe, Eric Maire, Rabu (6/9/2017) waktu setempat seperti dirilis kantor berita Perancis, AFP, Kamis (7/9/2017).

Sebelumnya diberitakan, jumlah korban tewas yang dirilis Kementerian Luar Negeri Perancis, yang membawahi wilayah korban bencana, adalah dua orang tewas dan dua terluka berat.

Wilayah terparah yang disapu badai Irma adalah pulau Barbuda, karena 95 persen wilayahnya rusak beat dengan 30 persen hancur total. Hampir tidak ada bangunan yang berada dalam kondisi baik.

"Ini hanya kehancuran total, Barbuda sekarang benar-benar puing-puing," kata Perdana Menteri Gaston Browne setelah badai kategori lima  tersebut melanda.

Juru bicara kantor manajemen darurat Midcie Francis dalam sebuah pernyataan menyebutkan, satu orang tewas, dan kerusakan yang terjadi teramat dahsyat.

Sepuluh orang tewas dan ribuan orang kehilangan rumah akibat bencana Badai Irma di kepulauan Karibia, wilayah Perancis, Rabu (6/9/2017). Foto diambil di Pulau St Martin, Karibia.Splash News/Mirror Sepuluh orang tewas dan ribuan orang kehilangan rumah akibat bencana Badai Irma di kepulauan Karibia, wilayah Perancis, Rabu (6/9/2017). Foto diambil di Pulau St Martin, Karibia.
"Ini bencana besar. Sekitar 95 persen pulau itu hancur. Saya kaget. Itu menakutkan," kata Daniel Gibbs, mantan anggota Parlemen Perancis, saat berbicara di Radio Caribbean International.

Seorang anak berusia dua tahun meninggal dalam kekacauan saat keluarga tersebut mencoba melarikan diri dari rumah yang rusak, dan seorang wanita mengalami serangan jantung saat dia diselamatkan.

Baca: Badai Irma Menghantam, 95 Persen Pulau St Martin di Karibia Hancur

Sedikitnya 10 orang dilaporkan tewas di empat pulau di gugus kepulauan Karibia, dan 23 lainnya terluka. Jumlah itu masih mungkin bertambah karena belum seluruhnya dilaporkan.

Irma, salah satu badai Atlantik terkuat dalam satu abad ini, juga membunuh setidaknya enam orang di St Martin dan satu di Anguilla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com