Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video: Satu Tahun Kolom "Ceritalah ASEAN" dari Karim Raslan

Kompas.com - 06/09/2017, 20:09 WIB

"CERITALAH ASEAN" sedang merayakan usianya yang pertama. Setahun yang lalu, Karim Raslan memulai perjalanannya yang menarik dan menantang ke hampir seluruh pelosok Asia Tenggara untuk mendengarkan kisah-kisah dari penduduk setempat dan kemudian menuliskannya menjadi sebuah cerita penting.

Perjalanan ini membawanya bertemu dengan banyak orang dari berbagai komunitas masyarakat. Sebuah perjalanan yang mempertemukannya dengan hal-hal baru dari kawasan berpenduduk 600 juta jiwa ini.

Perjalanan ini bahkan membawanya hingga ke luar benua Asia. Membawanya dari Palembang hingga Pathein, dari Hanoi hingga Houston.

Karim Raslan menuliskan kisah perjalanan itu ke dalam Ceritalah ASEAN yang dipublikasikan tujuh media terkemuka di enam negara dengan berbagai bahasa, termasuk di Kompas.com.

Ilustrasi Karim Raslan saat di ruang belajarnya.KRA Ilustrasi Karim Raslan saat di ruang belajarnya.
Melalui kolom ini, dia mengangkat kisah-kisah dari akar rumput sebuah desa, kampung, tempat-tempat terpencil, hingga kota besar. Pembaca Kompas.com bisa menelusuri kolom yang dibuat Karim Raslan di http://kolom.kompas.com/karimraslan.

Di usianya yang pertama ini, Ceritalah ASEAN telah menuturkan banyak hal baru, mengisahkan cerita-cerita kehidupan yang unik, dan semangat juang tinggi dari masyarakat ASEAN.

Kini, setelah satu tahun bercerita dan 50 Tahun usia ASEAN, Ceritalah ASEAN akan terus bercerita, menyampaikan kisah-kisah dari masyarakat itu. Ceritalah ASEAN akan terus hadir mengirimkan suara-suara mereka kepada dunia. 

Simak video kompilasi perjalanan Karim Raslan selama satu tahun terakhir ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com