Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romania Bakal Bunuh Ratusan Beruang dan Serigala

Kompas.com - 04/09/2017, 18:07 WIB

BUKARES, KOMPAS.com – Otoritas Romania, Senin (4/9/2017), mengatakan bahwa mereka akan membunuh atau memindahkan 140 ekor beruang dan 97 ekor serigala menyusul peningkatan jumlah serangan terhadap manusia.

Namun, langkah otoritas Romania itu memicu kemarahan dari kelompok pejuang hak asasi hewan.

Menurut otoritas Romania, langkah-langkah tersebut bertujuan untuk "mencegah kerusakan dan melindungi kesehatan dan keselamatan masyarakat", kata kementerian lingkungan dalam sebuah pernyataan.

Komisi ilmuwan yang ditunjuk pemerintah mendukung langkah tersebut dengan mengatakan bahwa hal itu tidak "membahayakan konservasi kedua spesies tersebut".

Baca: Polisi Montana Cari Beruang Grizzly yang Bunuh Pesepeda

Keputusan untuk membiarkan pihak berwenang melakukan pembunuhan juga "mencegah perburuan berhadiah,” menurut para ahli, seperti dilaporkan kantor berita Perancis, AFP.

Namun World Wide Fund for Nature (WWF) mengecam keras tindakan tersebut dan menyalahkan  masalah pembalakan hutan sebagai penyebab utama beruang dan serigala menyerang manusia.

"Pihak berwenang pertama-tama harus mengatasi masalah yang telah mendorong beruang untuk masuk ke pemukiman warga untuk mencari makanan," kata Cristian Papp, pimpinan WWF Romania.

Pada Oktober 2016, seruan serupa memaksa kementerian lingkungan untuk menarik kuota yang memungkinkan pemburu untuk membunuh 552 beruang, 657 serigala, dan 482 harimau.

Baca: Dua Bayi Kembar Beruang Kutub Lahir di Sea World Australia

Hutan perawan yang sangat luas di Romania adalah habitat bagi sekitar 6.000 beruang coklat, yakni sekitar 60 persen dari populasi binatang itu di seluruh Eropa.

Beruang coklat kebanyakan berkeliaran di Pegunungan Carpathian.

Dalam beberapa bulan terakhir, terjadi peningkatan populasi beruang dan serigala atau binatang buas lainnya ke kota-kota dan desa-desa untuk mencari makanan.

Pada Juli lalu, dua gembala terluka parah akibat diserang beruang di wilayah Carpathian.

Sebulan sebelumnya, pihak berwenang dipaksa untuk menutup sementara Kastil Poenari yang terkenal  itu, yang menjadi inspirasi untuk novel karya Bram Stoker berjudul "Dracula" – setelah para wisatawan berpapasan dengan seekor induk beruang dan ketiga anaknya di sana.

Baca: Spesies Baru Serigala Afrika Ditemukan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com