Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taj Mahal Ditetapkan sebagai Mausoleum Muslim, Bukan Kuil Hindu

Kompas.com - 31/08/2017, 13:07 WIB
Ericssen

Penulis

 

NEW DELHI, KOMPAS.com - Setelah silang pendapat dan kontroversi yang berkepanjangan, sebuah pengadilan di India mengukuhkan bahwa Taj Mahal adalah makam atau mausoleum Muslim, bukan kuil Hindu.

Keputusan pengadilan itu diambil setelah tuntutan yang diajukan oleh enam pengacara yang menyebut salah satu keajaiban dunia itu sesunguhnya adalah kuil Hindu bernama Tejo Mahalaya, yang didekasikan untuk Dewa Shiva.

Pengacara-pengacara itu menilai umat Hindu seharusnya diizinkan untuk beribadah di Taj Mahal, sebagaimana dilaporkan The Guardian, Rabu (30/8/2017).

Sejauh ini hanya umat Muslim yang diizinkan beribadah di bangunan yang terletak di kota Agra itu.

Dalam proses penetapan keputusannya, pengadilan telah mengumpulkan bukti dan keterangan dari dewan arkeolog resmi yang diangkat pemerintah India.

Baca: Diancam ISIS, India Perketat Keamanan di Taj Mahal

“Pernyataan tertulis kita sangat jelas dan membantah klaim yang disampaikan oleh pengacara itu. Kami meminta supaya pengadilan menolak gugatan mereka,” kata Dr Bhujan Vikrama, salah satu anggota dewan arkeolog.

Bukan sekali ini saja muncul klaim bahwa Taj Mahal adalah kuil yang diperuntukan untuk umat Hindu.

Klaim datang dari berbagai kelompok mulai dari kelompok Hindu nasionalis, Hindu ekstremis hingga pihak yang menolak kebenaran sejarah.

Kebanyakan pencetus teori ini tidak senang bahwa bangunan megah itu adalah peninggalan kebudayaan Muslim.

Mereka berpendapat Kekaisaran Mughal menghanncurkan banyak kuil Hindu atau mengkonversinya menjadi masjid, maka Taj Mahal juga adalah salah satu bekas kuil Hindu yang telah dialihfungsikan.

Baca: Ada Kepedihan di Balik Keanggunan Taj Mahal

Taj Mahal adalah salah satu lokasi wisata paling populer di India dan dikunjungi 7-8 juta orang setiap tahun.

Taj Mahal dibangun kaisar Mughal, Shah Jahan, yang berkuasa dari 1628-1658 sebagai makam untuk istrinya tercinta, Mumtaz Mahal.

Sejak 1983, Taj Mahal sudah dijadikan Situs Warisan Dunia UNESCO dan pada 2007 menjadi pemenang dalam inisiatif 7 Keajaiban Dunia Baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com