Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Kita Ketahui tentang Program Nuklir Korut?

Kompas.com - 30/08/2017, 06:59 WIB

KOMPAS.com - JEPANG dan Amerika Serikat (AS) meminta Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menjatuhkan sanksi baru terhadap Korea Utara (Korut) yang meluncurkan rudal hingga melewati wilayah udara Jepang.

Perhatian pun kembali tertuju pada persenjataan negeri yang seperti hendak menantang semua kekuatan dunia itu. Namun, seberapa canggih sebenarnya rudal-rudal Korut itu?

Rudal rudal Korut telah dikembangkan sejak beberapa dasawarsa. Itu dimulai dari roket artileri sederhana yang berasal dari Perang Dunia II, yang dirancang untuk menguji apa yang dikatakannya sebagai rudal jarak jauh yang mungkin bisa menyerang berbagai sasaran di AS.

Rudal antarbenua

Upaya terbaru Korut difokuskan untuk membangun rudal jarak jauh yang handal, yang berpotensi untuk menjangkau daratan AS.

Pada 4 Juli 2017, Pyongyang mengatakan mereka berhasil melakukan uji coba pertama sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM).

Baca: Rudal Korut Melintasi Jepang, Apa yang Bisa Dilakukan Dunia Luar?

Dikatakan, rudal jenis Hwasong-14 itu bisa menghantam “bagian dunia mana pun”, namun awalnya AS memperkirakan jangkauan rudal tersebut lebih pendek dari yang diklaim.

Militer AS menggambarkannya sebagai rudal jarak menengah, namun sejumlah pakar di AS mengatakan rudal tersebut bisa mencapai negara bagian Alaska, AS.

Pada 28 Juli 2017, Korut melakukan uji ICBM kedua dan terbaru, dengan rudal yang mencapai ketinggian sekitar 3.000 km dan mendarat di laut Jepang.

Dalam berbagai parade militer sejak 2012, Pyongyang juga menampilkan dua jenis ICBM, yang dikenal sebagai KN-08 dan KN-14.

Diangkut dan diluncurkan dari belakang sebuah truk yang dimodifikasi, rudal KN-08 tiga tingkat diyakini memiliki jangkauan sekitar 11.500 km.

Rudal KN-14 tampaknya merupakan rudal dua tahap, dengan jarak tempuh sekitar 10.000 km. Keduanya belum ada yang diuji coba, dan kaitan antara keduanya serta Hwasong-14 belum jelas.

Rudal-rudal yang dimiliki KorutBBC Rudal-rudal yang dimiliki Korut
Kemajuan nuklir?

Laporan-laporan media di AS mengklaim bahwa Pyongyang sudah berhasil membuat hulu ledak nuklir yang cukup kecil yang muat di dalam rudal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com