Houston Jadi Kubangan Raksasa, Evakuasi Korban Badai Pun Masih Sulit - Kompas.com

Houston Jadi Kubangan Raksasa, Evakuasi Korban Badai Pun Masih Sulit

Kontributor Singapura, Ericssen
Kompas.com - 29/08/2017, 11:05 WIB
Daryl Hudeck, seorang polisi Houston, Texas, AS, menggendong Catherine Pham dan putranya, Aiden, berusia 13 bulan dalam sebuah proses evakuasi untuk menyelamatkan ibu dan anak itu dagi genangan banjir akibat badai Harvey, Minggu (27/8/2017).CNN Daryl Hudeck, seorang polisi Houston, Texas, AS, menggendong Catherine Pham dan putranya, Aiden, berusia 13 bulan dalam sebuah proses evakuasi untuk menyelamatkan ibu dan anak itu dagi genangan banjir akibat badai Harvey, Minggu (27/8/2017).

HOUSTON, KOMPAS.com - Badai Harvey telah menelan korban jiwa. Badai yang menyapu negara bagian Texas, AS, itu juga telah meluluhlantahkan bangunan dan menimbulkan banjir dahsyat terutama di kota Houston.

Perkembangan terakhir hingga Selasa (29/8/2017), belum ada angka pasti berapa banyakah korban yang tewas akibat badai ini.

Televisi setempat di Houston melaporkan, delapan orang tewas. Enam di antaranya ditemukan di dalam sebuah mobil yang hanyut di tengah genangan besar banjir di Houston.

Menurut laporan itu, korban adalah sepasang kakek-nenek beserta empat cucunya. Dua korban tersisa adalah korban yang tewas akhir pekan lalu di kota Rockport dan La Marque.

Sementara itu The New York Times melaporkan 10 korban jiwa. Enam di antaranya berasal dari distrik Harris di kota Houston, tanpa merinci lebih jauh keterangan mengenai korban.

Baca: Badai Harvey Bakal Terjang Texas dalam Hitungan Jam

Kesimpangsiuran terjadi karena masih sulitnya regu evakuasi dan penyelamat untuk mengakses daerah yang dihantam bencana.

Belum ada angka pasti berapa juga yang menghilang, berapa yang telah dievakuasi, berapa yang terjebak di bangunan atau tempat tinggalnya.

Gubernur Texas Greg Abbott menyatakan, badai Harvey merupakan salah satu bencana alam terhebat yang pernah dihadapi Amerika Serikat.

Regu evakuasi dan penyelemat sendiri sibuk mengevakuasi warga yang terjebak di kendaraan dan rumahnya dengan menggunakan helikopter.

Kota Houston saja dipenuhi puluhan kendaraan baik mobil maupun truk yang tergenang di jalan raya kota terpadat di Texas itu.

Baca: Badai Harvey Menyapu Texas, Trump Deklarasikan Darurat Bencana

Muncul pertanyaan apakah para pengemudi kendaraan itu masih hidup atau telah menyelamatkan dirinya.

Badan Meteorologi mengumumkan bahwa hujan deras yang sudah mengguyur selama empat hari terakhir akan terus berlanjut.

Belum ada gambaran kapankah hujan yang menjadikan Houston sebagai kubangan raksasa itu akan berakhir.

PenulisKontributor Singapura, Ericssen
EditorPascal S Bin Saju
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM