Kumulatif, Gurmeet Ram Rahim Singh Harus Jalani 20 Tahun Penjara - Kompas.com

Kumulatif, Gurmeet Ram Rahim Singh Harus Jalani 20 Tahun Penjara

Kompas.com - 28/08/2017, 21:36 WIB
Pengadilan di India utara menghukum Gurmeet Ram Rahim Singh, pemimpin kelompok sekte quasi-religius Dera Sacha Saudi karena kasus memperkosa dua perempuan anggota sektenya.

AP via The Independent Pengadilan di India utara menghukum Gurmeet Ram Rahim Singh, pemimpin kelompok sekte quasi-religius Dera Sacha Saudi karena kasus memperkosa dua perempuan anggota sektenya.

ROHTAK, KOMPAS.com - Gurmeet Ram Rahim Singh, pemimpin sekte Dera Sacha Saudi di India harus menjalani vonis kumulatif selama 20 tahun penjara.

Sebelumnya diberitakan, Gurmeet Ram Rahim Singh dijatuhi hukuman penjara 10 tahun, karena terbukti memperkosa dua pengikutnya pada tahun 2002, Senin (28/8/2017).

Baca: Guru Spiritual Gurmeet Ram Rahim Singh Divonis 10 Tahun Penjara

Namun, Biro Investigasi Khusus India (CBI) kemudian menjelaskan bahwa Gurmeet Ram Rahim Singh menerima dua hukuman kumularif masing-masing 10 tahun.

"Dia telah dijatuhi hukuman 10 tahun ditambah 10 tahun, menjadi 20 tahun penjara. Saya memiliki keputusan yang merinci hukumannya."

Demikian dikatakan Abhishek Dayal, Jurubicara CBI, lembaga yang menangami kasus tersebut, seperti dikutip kantor berita AFP.

Diberitakan sebelumnya, hakim di pengadilan di Kota Rohtak, negara bagian Haryana, India, menjatuhkan vonis kepada pria berusia 50 tahun itu.

Vonis itu dijatuhkan setelah lebih dari 30 orang tewas dalam demonstrasi, ketika para pengikut “guru spiritual” ini dihukum karena kasus tersebut.

Baca: 22 Orang Tewas saat Guru Spiritual Dihukum Kasus Perkosaan

Lebih dari 100 orang terluka dalam bentrokan setelah pengikut sekte quasi-religius itu, menolak vonis bersalah atas Rahim Singh, Jumat minggu yang lalu.

Jam malam diberlakukan di Rohtak, di tengah kekhawatiran akan muncul kekerasan lebih lanjut terkait vonis ini.

Sebelum hukuman dijatuhkan, Jurubicara sekte Dilawar Insan telah meminta pendukung Rahim Singh untuk tetap tenang.

EditorGlori K. Wadrianto
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM