Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Longsor Kubur 34 Rumah, 2 Orang Tewas, dan 25 Masih Hilang

Kompas.com - 28/08/2017, 16:39 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Bencana tanah longsor melanda Kota Bijie, Provinsi Guizhou, di barat daya China, Senin (28/8/2017), dan mengubur 34 rumah.

Kejadian itu dipastikan telah menewaskan dua warga. Sementara, ada 25 orang lainnya yang hingga kini masih dinyatakan hilang.

Diberitakan AFP, anggota tim penyelamat menarik enam korban dari balik reruntuhan bangunan, termasuk dua dalam keadaan tak bernyawa.

Upaya pencarian kini masih terus berlanjut. Sementara, otoritas lokal mulai mengirim tenda, selimut, dan tempat tidur untuk kamp pengungsian.  

Video yang menggambarkan bencana longsor tersebut diunggah di laman Twitter, People's  Daily.

Dalam rekaman itu terlihat bagaimana sebuah sisi bukit runtuh dengan terjangan tanah yang deras, diiringi teriakan ketakutan para saksi mata. 

Video lain menunjukkan orang-orang berdiri di atas batu-batu besar.

Tanah longsor sering menjadi bencana yang amat berbahaya di daerah pedesaan dan pegunungan di China, terutama setelah hujan deras.

Pada bulan Juni dan Agustus lalu, tanah longsor besar di Provinsi Sichuan barat daya menewaskan lebih dari 30 orang, dan sejumlah lainnya hilang.

Pada bulan Juli, 63 orang terbunuh oleh tanah longsor dan banjir di Provinsi Hunan. Sekitar 1,6 juta orang dipaksa meninggalkan rumah mereka.

Pekan lalu, Topan Hato menewaskan 18 orang, saat amukan angin itu merobek China selatan, termasuk Hongkong dan Makau.

Baca: Topan Hato Melemah setelah Tewaskan 16 Orang di China Selatan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com