Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Harvey Menyapu Texas, Trump Deklarasikan Darurat Bencana

Kompas.com - 26/08/2017, 15:59 WIB
Ericssen

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendeklarasikan darurat bencana di negara bagian Texas setelah badai Harvey mendarat di wilayah itu dengan kecepatan dan kekuatan dasyat.

Seperti dilaporkan Politico, Trump menandatangani proklamasi resmi keadaan darurat pada Jumat malam waktu setempat (25/8/2017) atau Sabtu pagi WIB.

“Atas permintaan Gubernur Texas, saya telah menandatangani proklamasi ini dan pemerintah federal akan mengirimkan bantuan darurat,” kicau Trump di akun Twitternya.

Gedung Putih menambahkan bahwa bantuan pemerintah federal yang akan dikirimkan berupa biaya pembangunan sementara tempat-tempat pengungsingan, pinjaman berbunga rendah untuk properti yang tidak dijamin asuransi dan bantuan lain untuk membantu pemilik bisnis memulihkan kembali usahanya setelah bencana.

Baca: Badai Harvey Bakal Terjang Texas dalam Hitungan Jam

Gubernur Texas Greg Abbott memuji reaksi kilat pemerintahan Trump.

“Gedung Putih sangat responsive, sangat menolong dan sangat peduli terhadap warga Texas, pemerintah Texas telah menerima seluruh bantuan dan sangat mensyukurinya” ucap Abbott ketika berbicara di stasiun televisi Fox.

Badai Harvey akan menjadi ujian pertama pemerintahan Trump menghadapi bencana nasional. Trump juga dijadwalkan akan mengunjungi Texas pekan depan untuk melihat efek bencana.

Badai dashyat berkategori 4 itu menurut laporan terakhir The New York Times telah menerjang daratan Texas dengan kecepatan 130 mph sekitar pukul 21.45 waktu setempat.

Badai tepat mendarat di antara kota Port Aransas dan Port O’Connor yang terletak di sebelah timur laut kota Corpus Christi yang dikenal sebagai daerah pengolahan minyak mentah.

Sejumlah bangunan dilaporkan mengalami kerusakan dan dua orang diberitakan terperangkap di banguna yang rubuh.

Baca: Badai Tropis Debby Ancam Texas dan Lousiana

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com