Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Klaim Serangan Bom yang Tewaskan 14 Orang di Masjid Syiah

Kompas.com - 25/08/2017, 22:08 WIB

KABUL, KOMPAS.com – Kelompok teroris yang menamakan dirinya Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom bunuh diri dan serangan senjata yang menewaskan 14 orang di masjid Syiah di Kabul, ibu kota Afganistan.

Orang-orang bersenja mengambil alih area salat yang memisahkan antara pria dan wanita di masjid Syiah di sisi utara Kabul, Jumat (25/8/2017), seperti dilaporkan kantor berita AFP.

Kantor berita yang menjadi corong propagana kelompok ISIS, yakni Amaq, mengeluarkan sebuah pernyataan tak lama setelah serangan itu bawah pejuangnya berada di balik pembunuhan tersebut.

Baca: Masjid Syiah di Kabul Kembali Jadi Sasaran Serangan Bom

Orang-orang bersenjata menyerbu masjid Syiah, menyerang para jemaah yang sedang berkumpul untuk salat Jumat. Seorang ulama termasuk di antara mereka yang terbunuh, kata polisi.

Pernyataan Amaq menyebutkan, serangan "inghimasi", di mana penyerang menggunakan senjata untuk menimbulkan jumlah korban maksimum, hanya meledakkan rompi bunuh diri mereka saat mereka kehabisan amunisi.

Mir Hussain Nasiri, anggota dewan ulama Syiah Afganistan, mengatakan, orang-orang bersenjata telah mengambil alih bagian masjid tersebut lewat ruang pemisah antara jemaah pria dan wanita.

Dia mengatakan, masjid tersebut bisa menampung hingga 1.000 orang. Akses ke lantai dua, tempat para wanita berdoa, diblokir oleh penyerang.

Menurut Nasiri, orang-orang bersenjata menahan wanita yang berada di sana sebagai sandera.

Baca: Bom Bunuh Diri di Masjid Syiah, Puluhan Orang Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com