Ini Sejumlah Harta Karun yang Dimiliki Pemimpin Korut, Kim Jong Un - Kompas.com

Ini Sejumlah Harta Karun yang Dimiliki Pemimpin Korut, Kim Jong Un

Kompas.com - 24/08/2017, 22:49 WIB
Hotel Ryugyong di Pyongyang, ibu kota Korea Utara (Korut)DPA/Yonhap Hotel Ryugyong di Pyongyang, ibu kota Korea Utara (Korut)

KOMPAS.com - Sementara warganya menjalani kehidupan yang memprihatinkan, berikut adalah daftar beberapa kemewahan yang dimiliki oleh pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un.

Kim Jong Un memiliki Istana Kumsusan. Tempat itu dikenal sebagai Mausoleum Kim II Sung, bangunan yang terletak di sudut timur laut kota Pyongyang.

Kumsusan adalah istana terbesar yang pernah didedikasikan untuk seorang pemimpin komunis. Sisi utara dan timurnya dibatasi dengan parit besar.

Selain itu, rezim berkuasa ini juga memiliki sebuah hotel mewah dan unik, yakni hotel Ryugyong, yang juga disebut sebagai hotel terbesar di dunia yang memiliki 105 lantai.

Baca: Inilah Daftar Pemimpin Dunia Terkaya

Pembangunan hotel berbentuk piramida ini dimulai pada tahun 1987 di bawah pengawasan kakek Kim Jong Un, yakni Kim II Sung.

Namun hotel tersebut baru selesai 26 tahun di belakang jadwal semula.

Kim Jong Un kini memiliki warisan hampir 1.000 pesawat dari berbagai tipe, sebagian besar berasal dari era Soviet dan China.

Gudang-gudang senjata angkatan udaranya dimuati helikopter penyerang, pesawat tempur, dan pesawat kargo serta beberapa drone dari tipe UAV China dan Vega Shmel Rusia.

Kim Jong Un juga memiliki sejumlah sistem pertahanan udara termasuk sistem SAM dan Triple A.

Resor Ski Masikryong di Masik, Korea UtaraKyodo/MAXPPP Resor Ski Masikryong di Masik, Korea Utara
Di puncak gunung Taehwa pada ketinggian 1.360 meter, juga terdapat Resor Ski Masikryong yang dibangun atas perintah Kim Jong Un.

Diperkirakan, sekitar 5.000 wisatawan mengunjungi 120 kamar hotel yang memiliki menara piramida setiap harinya.

Para wisatawan ini tentu saja berada di bawah pengawasan ketat tentara Korut.

Ponsel misterius

Hingga kini masih menjadi teka-teki, telepon genggam apa yang digunakan oleh pemimpin muda Korut tersebut.

Diduga Kim Jong Un menggunakan jaringan seluler rahasia yang hanya tersedia untuk dirinya Un dan orang-orang terdekatnya, demikian ungkap orang dalam operator seluler Korut, Koryolink, yang  memiliki jaringan seluler "ketiga", lapor portal berita NK News.

Baca: Kim Jong Nam Pun Memohon Keselamatan dari Kim Jong Un

Selain itu, Kim Jong Un juga memiliki pulau sendiri, yang terletak di lokasi rahasia di suatu tempat di pesisir negara ini.

Selebriti AS yang pernah berkunjung mengungkap pulau ini amat luas. Pulau ini dikatakan memiliki beberapa properti termasuk lapangan helikopter utama untuk Kim Jong Un sendiri.

Kim Jong Un juga memiliki beberapa lapangan golf terbaik di Korut yang dipelihara dalam kondisi prima oleh pekerja yang dikaryakan oleh pemerintah.

Kapal dan mobil

Korut di bawah Kim Jong Un ini juga memiliki kapal-kapal serbu amfibi, kapal perusak, kapal perang, kendaraan patroli, kapal-kapal militer besar.

Dalam sebuah aksi belanja besar-besaran kembali pada tahun 2014, Kim Jong Un dilaporkan telah mengucurkan 16 juta dollar AS untuk membeli beberapa mobil mewah.

Istana Kumsusan atau Mausoleum Kim II Sung di Pyongyang timur, Korea Utara.AP Photo via DW Istana Kumsusan atau Mausoleum Kim II Sung di Pyongyang timur, Korea Utara.
Mobil-mobil itu antara lain limusin Mercedes Benz dan mobil sport mewah, yang kesemuanya saat ini masuk dalam daftar larangan impor PBB.

Kim Jong Un memiliki lebih dari 20 piano yang tersebar di berbagai rumah di "kekaisarannya".

Rumor mengatakan,  ia bermain piano beberapa kali dalam sehari dan jika terjadi kesalahan, maka itu adalah kesalahan piano dan bukan kesalahannya.

Baca: Media Korut Rilis Foto Kim Jong Un Naik Kapal Selam

Kim Jong Un mengendalikan beberapa kapal selam Soviet yang sudah tua, yang tersembunyi di balik perairan Semenanjung Korea.

Armada kapal selamnya terdiri dari kapal-kapal selam Soviet Wiski, puluhan kapal selam China Romeo dan beberapa kapal selam Romeo yang dibangun sendiri oleh militer Korut.

EditorPascal S Bin Saju
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM