Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Berita Ini jika Anda Sering Makan di Restoran McDonald’s

Kompas.com - 24/08/2017, 18:20 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - McDonald’s Corp, Rabu (23/8/2017), mengatakan, pihaknya akan mulai mengurangi penggunaan antibiotik yang sangat berharga bagi manusia, untuk pasokan ayam-ayamnya di seluruh dunia pada tahun 2018.

Perusahaan makanan cepat saji ini ikut serta dalam upaya memerangi kuman super yang berbahaya.

McDonald’s dalam pernyataannya mengatakan, pihaknya juga sedang merencanakan pengurangan penggunaan antibiotik untuk produk daging lainya, daging sapi, dan ayam petelur.

McDonald’s mensyaratkan pemasok daging ayam untuk mulai tidak menggunakan antibiotik yang menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tergolong sebagai “Anti mikroba prioritas tinggi yang paling penting (HPCIA)” untuk pengobatan manusia.

Baca: Menjajal Ayam Kremes Sambel Uleg dari McDonald's

Kelompok pemberdayaan konsumen dan kesehatan publik memuji langkah tersebut yang tidak seketat kebijakan perusahaan untuk pasar Amerika Serikat (AS).

Di AS, para pemasok selama setahun terakhir telah memasok perusahaan waralaba ini dengan ayam-ayam yang diternakan tanpa antibiotik yang dipandang sangat penting untuk kesehatan manusia.

Mulai Januari 2018, HPCIA tidak akan digunakan lagi untuk ayam-ayam yang dipasok untuk McDonald’s di Brasil, Kanada, Jepang, Korea Selatan, AS, dan Eropa.

Di Eropa, McDonald’s membuat pengecualian untuk Colistin, antibiotik yang dikonsumsi sebagai upaya terakhir.

Mulai akhir 2019, para pemasok di Australia dan Rusia akan menghentikan penggunaan HPCIA dan pemasok Eropa berencana untuk menghilangkan Colistin.

Pemasok untuk pasar lainnya akan mengikuti aturan ini mulai Januari 2027.

Baca: Kalah Gugatan, McDonald's Hentikan Penjualan Menu Halal di AS 

“Tujuan kami adalah menerapkan kebijakan ini sebelum tanggal yang berlaku,” kata McDonald’s dalam kebijakan antibiotik yang terbaru.

McDonald’s mengatakan kepada kelompok konsumen dan lingkungan hidup pada 17 Agustus bahwa 74 persen dari penjualan ayam globalnya akan mengikuti kebijakan ini mulai Januari 2018, kata Consumer Union, divisi di bawah Consumer Reports, dalam laporannya.

Consumer Union juga mengatakan, McDonald’s menyampaikan pihaknya berharap bisa secepatnya membuat jadwal untuk pengurangan penggunaan antibiotik yang penting secara medis pada pasokan dagingnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com