Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2017, 21:17 WIB

HONGKONG, KOMPAS.com – Terjangan topan Hato telah menewaskan tiga orang di Makau dan meluluhlantakan sejumlah kawasan di Hongkong,  Rabu (23/8/2017).

Dua orang lainnya hilang di daerah kantong perjudian China di Makau, ratusan penerbangan dari dan ke Hongkong  dibatalkan, sekolah dan kantor pun di tutup.

Menurut laporan The Guardian, Rabu (23/8/2017),  topan Hato telah menewaskan setidaknya tiga orang di kantong perjudian China di Macau.

Di Hongkong, kantor-kantor dan sekolah-sekolah terpaksa tutup dan ratusan penerbangan dari dan ke Hongkong juga telah dibatalkan yang membuat kekacauan di bandara internasional di kota itu.

Tiga korban tewas di Makau semuanya pria, yakni berusia 30, 45 dan 62 tahun. Mereka tewas akibat kecelakaan yang disebabkan oleh hujan lebat dan angin kencang yang dipicu topan Hato.

Baca: Ratusan Penerbangan Dibatalkan Saat Topan Hato Dekati Hongkong

Pejabat Biro Informasi Pemerintahan Administratif Khusus China di Makau mengatakan, dua orang juga hilang akibat bencana tersebut.

Hato menerjang  Hongkong pada hari Rabu pagi sebelum menuju ke bagian barat di daratan China, di mana di sana perlahan-lahan melemah.

Layanan cuaca China mengatakan, badai Hato mendarat sekitar tengah hari di kota delta sungai Pearl, Zhuhai, di Provinsi Guangdong.

Ribuan orang dievakuasi dari beberapa wilayah pantai daratan sebelum kedatangan badai tersebut, seperti dilaporkan kantor berita resmi China, Xinhua.

Semua layanan kereta api dibatalkan, kapal nelayan kembali ke pelabuhan dan lebih dari 4.000 nelayan dan keluarga mereka tiba di pantai.

Baca: Topan Haima Bikin Hongkong Kosong Melompong

Gelombang laut setinggi 10 meter diperkirakan terjadi di Laut China Selatan, kata badan tersebut.

Badai Hato membuat Hongkong menjadi sepi karena pusat bisnis, kantor pemerintah, sekolah dan pasar saham, seluruhnya tutup. Warga berdiam di dalam rumah.

Maskapai penerbangan membatalkan 450 penerbangan dan operator feri menghentikan layanan komuter dan rute ke Makau dan kota-kota di delta.

Cincin sengit Hato menjatuhkan pohon dan meniup jendela di gedung pencakar langit, menurunkan kaca yang hancur ke jalan-jalan di bawahnya.

Otoritas cuaca di Hongkong menaikkan sinyal bahaya topan ke nomor 10, tingkat tertinggi bahaya topan  untuk pertama kalinya dalam lima tahun.

Baca: Topan Nida Ubah Hongkong Jadi Kota Mati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com