Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hakim di AS Menewaskan Penyerangnya dalam Aksi Tembak-Menembak

Kompas.com - 22/08/2017, 16:04 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com –  Seorang hakim di negara bagian Ohio, Amerika Serikat, berhasil menembak mati seorang pria yang menyerangnya di luar gedung pengadilan.

Hakim Joseph Bruzzese Jr ditembak beberapa kali, Senin (21/8/2017) sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat, di kota Steubenville.  Namun, dia berhasil membalas dan menewaskan penyerangnya.

Sherif Fred Abdalla mengatakan kepada para wartawan, hakim dan penyerangnya masing-masing menembak lima kali dalam aksi tembak menembak itu.

Seorang aparat keamanan di gedung pengadilan juga melepas beberapa tembakan.

Jaksa penuntut di kantor pengadilan Jefferson County, Jane Hanlin, mengidentifikasi penyerangnya adalah Nathaniel Richmond namun motif serangan belum diketahui.

Richmond adalah ayah dari Ma'Lik Richmond, seorang pemain sepak bola sekolah menengah yang divonis bersalah dalam dakwaan pemerkosaan dan menjadi berita nasional pada 2010.

Baca: Hakim Agung AS Dituduh Lecehkan Seorang Pengacara Perempuan

Namun Hanlin menegaskan tidak ada hubungan antara hakim Bruzzese dengan kasus pemerkosaan tersebut.

Hakim Bruzzese – yang sudah bertugas di kantor pengadilan Jefferson County, dibawa dengan helikopter ke rumah sakit di Pittsburgh untuk menjalani operasi bedah darurat.

Sheriff Abdalla mengatakan memang dia yang menyarankan agar hakim berusia 65 tahun itu membawa senjata api pada saat bertugas.

"Individu itu menunggu hakim kita. Ada hakim yang ditembak di depan ruang sidangnya dan itu berpengaruh pada saya. Ini merupakan sebuah serangan dan upaya pembunuhan atas hakim kita."

Polisi juga menangkap sopir yang mengantarkan penyerang ke gedung pengadilan namun meraka yakin bahwa dia tidak mengetahui rencana penumpangnya.

Akibat insiden ini, gedung pengadilan ditutup hingga Selasa (22/8/2017) waktu setempat atau Rabu WIB untuk melaksanakan penyelidikan di tempat kejadian perkara.

Baca: Hakim dan Anggota Kongres AS Ditembak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com