Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Umumkan Strategi Baru AS di Afganistan

Kompas.com - 21/08/2017, 21:38 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan memberi garis besar kebijakan baru AS di Afganistan dalam pidatonya Senin (21/8/2017) malam waktu setempat atau Selasa (22/8/2017) pagi WIB.

Trump akan menyampaikan pidato tersebut dari pangkalan militer AS di Fort Myer,  tidak jauh di luar Washington DC, kata Gedung Putih dalam pernyataan.

Pada Minggu (20/8/2017) di Washington DC, Menteri Pertahanan AS James Mattis mengatakan, Trump telah mengambil keputusan mengenai strategi baru di Afganistan.

Namun, Mattis tidak mengungkapkannya secara detail. Ia mengatakan, strategi itu mencakup wilayah yang lebih luas dari Afganistan, dan merupakan strategi AS untuk Asia Selatan sepenuhnya.

Baca: 10 Tahun Invasi AS ke Afghanistan Diperingati

Dengan memberi isyarat bahwa militer AS memperkirakan misinya akan diteruskan, panglima pasukan AS di Afganistan, Jenderal John Nicholson, Minggu (20/8/2017) menyambut baik peluncuran korps operasi khusus baru tentara Afganistan.

Secara singkat, Nicholson menyatakan bahwa “kami bersamamu dan kami akan tetap bersamamu” untuk merujuk Afganistan dan juga untuk wilayah yang menjadi rujukan strategi baru AS itu.

Wakil Direktur Program Asia di Wilson Center dan peneliti senior Asia Selatan, Michael Kugelman, mengatakan, ia memperkirakan kebijakan Trump tidak akan berbeda jauh atau mencakup gagasan seperti penggunaan tentara swasta bukan pasukan AS.

Baca: Serangan Bom Bunuh Diri di Afghanistan, 6 Tentara Nato Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com