Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2017, 09:18 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Seorang warga Australia asal Indonesia, Suria Intan, menjadi salah satu korban serangan teror di Barcelona, Spanyol.

Perempuan yang tinggal di Sydney ini, kini, dirawat di Hospital Clinic of Barcelona.

Menurut informasi yang diperoleh Australia Plus dari perwakilan diaspora Indonesia di Barcelona, Wawan Kurniawan (Abie), ada seorang korban serangan teroris di kotanya yang merupakan warga Australia asal Indonesia.

“Saya dikabari oleh KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Madrid ada korban warga Aussie tapi asal Ina (Indonesia),” ujar mantan Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Spanyol periode 2015-2016 ini melalui pesan teks.

Baca: Mobil Van Tabrak Kerumunan Orang di Barcelona, 13 Orang Tewas

Abie –mahasiswa pasca sarjana di Universitat de Barcelona – mengaku, ia mendapat informasi itu pada Jumat (18/8/2017) pagi waktu setempat.

Ia pun mendengar, sang korban berjenis kelamin perempuan tersebut dirawat di Hospital Clinic of Barcelona, yang terletak 2,4 km dari lokasi kejadian.

Ketika Australia Plus mencoba mengonfirmasi hal ini kepada pihak KBRI Madrid, mereka tidak bersedia memberikan keterangan resmi dan merujuk ke Kedutaan Besar Australia di Spanyol, mengingat korban telah menjadi warga negara Australia.

Dalam pemberitaan daring media Australia, Sydney Morning Herald, yang diterbitkan pada Jumat (18/08/2017) pukul 17:09 waktu setempat, korban disebut bernama Suria Intan, berdomisili di Sydney, dan telah bekerja di Bank Commonwealth wilayah Lidcombe selama 11 tahun.

Baca: Pasca-serangan di Barcelona, Polisi Tembak Mati 4 Terduga Teroris

Suria berada dalam kondisi yang serius, dan bepergian ke Spanyol Bersama tiga temannya untuk tur keliling Eropa.

Seorang warga Indonesia di Sydney, Frans Simarmata, membenarkan perihal Suria Intan yang menjadi korban serangan teror di Barcelona. “(Dia) rekan kerja istri saya,” kata Frans.

Frans juga mengaku mendapat informasi dari KBRI Madrid melalui jaringan diaspora Indonesia mengenai kondisi Suria.

Dalam informasi itu disebutkan bahwa Suria telah menjadi warga negara Australia melalui proses naturalisasi sekitar 6 tahun lalu, dan kini mendapat perawatan di Unit Perawatan Intensif (ICU) Hospital Clinic of Barcelona.

Baca: Kemlu RI: Tak Ada WNI Jadi Korban Serangan Barcelona

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com