Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Dinilai Lebih Baik dari Trump meski Sama-sama Tak Populer

Kompas.com - 18/08/2017, 09:38 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Walaupun Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin, sama-sama tidak populer di seluruh dunia, hasil survei terbaru menunjukkan, Putin masih lebih baik dari Trump.

Hasil survei baru oleh Pew Research Center menunjukkan, orang-orang di seluruh dunia lebih mempercayai pemimpin Rusia dalam menangani hubungan internasional.

"Meskipun kepercayaan pada cara Putin menangani urusan luar negeri pada umumnya rendah, di banyak negara ia lebih dipercaya daripada Presiden AS Donald Trump," tulis kelompok non-partisan dalam survei yang berfokus pada persepsi global tentang Rusia.

Dari 36 negara yang disurvei, menurut Pew, 22 negara mengatakan lebih percaya kepada Putin.

Ke-22 negara itu antara lain Jerman, Meksiko, Korea Selatan dan Jepang.

Baca: Trump dan Putin Bertemu di Hamburg, Apa yang Akan Terjadi?

Sedangkan 13 negara mengatakan sangat percaya pada Trump, antara lain Australia, Kanada, Inggris, India, dan Polandia.

Orang Tanzania terpecah dua antara Trump dan Putin. China tidak disurvei.

Di AS, Pew memperoleh temuan, 53 persen orang lebih percaya pada Trump dibandingkan 23 persen yang mempercayai Putin.

Survei dilakukan antara 16 Februari dan 8 Mei, sebelum Trump menggunakan kata-kata "api dan kemarahan" ketika bicara tentang kemungkinan reaksi AS atas serangan Korea Utara terhadap AS atau wilayah-wilayahnya.

Survei juga dilakukan sebelum Trump menandatangani undang-undang yang memperkuat sanksi terhadap Rusia dan pengusiran Rusia terhadap para diplomat AS sebagai pembalasan.

Baca: Trump Tidak Sabar Lagi Ingin Bertemu dengan Putin

Meskipun ada ketegangan itu, Pew memperoleh temuan, kesan orang Rusia terhadap orang AS lebih baik, demikian pula sebaliknya.

Pew mendapati, 41 persen orang Rusia melihat AS lebih baik, naik 15 poin dari tahun 2015. Sedangkan 29 persen orang AS berpandangan lebih baik terhadap Rusia, naik tujuh poin dari tahun 2015.

Secara keseluruhan 60 persen dari mereka yang disurvei mengatakan kurang percaya pada Putin dibandingkan 26 persen yang mengatakan ia melakukan tugas dengan baik.

Hampir satu dari tiga negara menilai Rusia sebagai ancaman bagi negara mereka, setara dengan penilaian mereka terhadap AS dan China. 

Baca: Putin Puji Donald Trump Sosok yang Pintar dan Bertalenta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com