Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Lawan Narkoba Dipergencar, 58 Orang Ditembak Mati dalam 3 Hari

Kompas.com - 18/08/2017, 07:09 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Pemberantasan kejahatan narkoba di Filipina tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, meski sejumlah kalangan mengecam tindakan yang dilakukan pemerintah pimpinan Presiden Rodrigo Duterte.

Dalam operasi yang digelar sepanjang Rabu (16/8/2017) malam di ibu kota Manila, polisi mengatakan mereka menewaskan setidaknya 26 tersangka pelaku kejahatan narkoba.

Senin (14/8) lalu polisi menggelar operasi serupa di Provinsi Bulacan, provinsi tetangga Manila, yang menewaskan 32 orang, menjadikan total korban keseluruhan dalam empat hari terakhir mencapai setidaknya 58 orang.

Presiden Duterte, Kamis (17/8/2017), memuji langkah polisi dan mengatakan Filipina memang perlu mempergencar perang melawan kejahatan dan narkoba.

Baca: Duterte Jadi Presiden, Tiap Hari 44 Warga Filipina Tewas Terkait Narkoba

Pemberantasan kejahatan narkoba di Filipina tidak menunjukkan tanda-tanda mereda, meski sejumlah kalangan mengecam tindakan oleh pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte.

Tidak ada penjelasan mengapa polisi Filipina mempergencar operasi menindak penjahat narkoba pekan ini.

Laporan polisi menyebutkan 223 orang ditahan dalam operasi di Manila dan Bulacan.

"Presiden tidak memerintahkan (polisi) untuk membunuh," kata Ronald dela Rosa, Kepala Kepolisian Filipina kepada para wartawan.

"Saya juga tidak memerintahkan anak buah saya untuk menembak mati. Tapi perintah Presiden sangat jelas, bahwa perang melawan narkoba harus terus dilakukan. Mereka tewas karena melawan (petugas)," kata Dela Rosa.

Baca: Takut Ditembak Mati, 500.000 Pengedar dan Pengguna Narkoba di Filipina Menyerah

Duterte meningkatkan upaya melawan narkoba sejak menjabat sebagai presiden pada 30 Juni 2016. Selama kampanye ia berjanji untuk menggunakan kekuatan untuk menekan angka kejahatan dan peredaran narkoba.

Namun Komisi HAM Filipina menggambarkan langkah ini sebagai “pemberian cek kosong kepada polisi”.

"Polisi pada dasarnya diberi kebebasan (untuk melakukan apa saja) dengan jaminan mereka tidak akan diselidiki atau didakwa (melakukan pelanggaran hukum)," kata ketua Komisi HAM, Chito Gascon.

Baca: Duterte Ancam Penggal Para Penentang Perang Melawan Narkoba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com