Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un dan Para Jenderal Bahas Rencana Penembakan Rudal ke Guam

Kompas.com - 15/08/2017, 08:15 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Pemimpin muda Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, telah diberitahu mengenai rencana untuk menembakkan rudal ke Guam, wilayah Amerika Serikat di Pasifik.

Kim Jong Un, seperti dilaporkan kantor berita resmi Korut, KCNA, yang diteruskan oleh kantor berita Perancis, AFP, telah meninjau atau menginspeksi persiapan serangan ke Guam.

Dalam inspeksi itu, Kim Jong Un, didampingi panglima militernya, seperti dilaporkan AFP dan Mirror, Selasa (15/8/2017).

Ia “memeriksa rencananya untuk waktu yang lama” dan “mendiskusikannya” dengan beberapa jenderal atau perwira tinggi militer Korut, Senin (14/8/2017).

Menurut dua media tersebut, Kim Jong Un memeriksa pasukan komando strategisnya yang bertanggung jawab atas unit rudal Korut.

Baca: Tunggu Restu Kim Jong Un, 4 Rudal Korut Segera Ditembakkan ke Guam

Kim Jong Un meninjau persiapan dan kesiapan aparatnya. Ia juga mengamati peta jalur jangkauan rudal Korut jika akan ditembakkan ke Guam.

Namun, setelah lama mengamati, ia memutuskan untuk menunda peluncuran rudal balistik itu, yang sedianya direncanakan akan ditembakkan pada pertengahan Agustus ini.

KCNA melaporkan, Kim Jong Un menyebut imperialis AS bakal terkena jebakan oleh provokasi militernya sendiri, yang telah bertindak sembrono.

Kim Jong Un kemudian mengisyaratkan bahwa dia akan menunda rencana uji coba rudal ke wilayah AS di  kepulauan Pasifik tersebut.

Sebelumnya, militer sedang menunggu petunjuk  Kim Jong Un untuk menembakkan rudal balistik jarak menengah ke Guam.

Pekan lalu, Korut mengatakan bahwa pihaknya akan menuntaskan rencana rinci untuk menembakkan empat rudal balistik jarak menengah ke Guam hingga sejauh 18 mil dari pantai Guam.

Kim Jong Un mendesak AS untuk "segera menghentikan provokasi yang congkak " terhadap Korut dan tidak memprovokasi ulang.

Baca: Warga Guam Punya 14 Menit untuk Selamatkan Diri dari Rudal Korut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com