"72 Persen Warga AS Khawatir Perang dengan Korut akan Meletus" - Kompas.com

"72 Persen Warga AS Khawatir Perang dengan Korut akan Meletus"

Kontributor Singapura, Ericssen
Kompas.com - 09/08/2017, 13:00 WIB
Foto handout ini dirilis oleh US Forces Korea (USFK) menunjukkan sistem pertahanan M270 menembakkan sebuah misil taktis MGM-140 ke arah Laut Jepang (Laut Timur), dari sebuah lokasi yang tidak diketahui di pantai timur Korea Selatan, Rabu (5/7/2017). Peluncuran itu dilakukan Korea Selatan dan Amerika Serikat sebagai respons peluncuran misil balisktik antarbenua yang dilakukan Korea Utara pada Selasa, 4 Juli kemarin.AFP PHOTO AND USFK / HANDOUT Foto handout ini dirilis oleh US Forces Korea (USFK) menunjukkan sistem pertahanan M270 menembakkan sebuah misil taktis MGM-140 ke arah Laut Jepang (Laut Timur), dari sebuah lokasi yang tidak diketahui di pantai timur Korea Selatan, Rabu (5/7/2017). Peluncuran itu dilakukan Korea Selatan dan Amerika Serikat sebagai respons peluncuran misil balisktik antarbenua yang dilakukan Korea Utara pada Selasa, 4 Juli kemarin.

NEW YORK, KOMPAS.com - Perang retorika yang semakin memanas antara Amerika Serikat dan Korea Utara membuat mayoritas warga AS khawatir bahwa perang sesungguhnya akan meletus.

Survei yang diselenggarakan oleh CBS seperti dilaporkan laman Politico, Selasa (8/8/2017) menunjukan, ada 72 persen warga AS yang merasa khawatir.

Hanya 26 persen yang percaya krisis ini dapat terselesaikan tanpa masalah berarti.

Sementara, 60 persen responden juga menjawab masih optimistis ancaman perang dapat segera ditangani.

Lalu, 29 persen menyatakan solusi militer harus diambil sekarang juga, sedangkan sisanya sebanyak tujuh persen tidak khawatir sama sekali. 

Hanya 10 persen responden Partai Demokrat, dan 31 persen pemilih independen yang percaya akan kemampuan Presiden Donald Trump.

Sebaliknya responden dari Partai Republik dengan mayoritas yaitu 76 persen masih yakin akan kemampuan Trump.

Hubungan antara Korea Utara dan AS semakin memanas setelah dilaporkan Korut tidak akan segan-segan menyerang Guam yang merupakan pangkalan militer AS.

Baca: Korut Balas Amarah Trump dengan Ancaman Rudal ke Pangkalan AS di Guam

Ancaman negeri yang dipimpin Kim Jong Un ini sebagai balasan atas retorika keras Presiden Donald Trump yang mengatakan akan menjadikan Pyongyang sebagai lautan api jika negeri itu terus mengancam.

Baca: Trump Kembali Umbar Ancaman dan Kemarahan kepada Korut

Survei ini diselenggarakan dengan menggunakan telepon dari rentang 3-6 Agustus, dengan dengan jumlah responden 1.111 dan margin of error sekitar empat persen.  

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Singapura, Ericssen
EditorGlori K. Wadrianto
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM