Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qatar Pesan 7 Kapal Perang Bernilai Rp 79 Triliun dari Italia

Kompas.com - 02/08/2017, 21:18 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

DOHA, KOMPAS.com - Pemerintah Qatar, Rabu (2/8/2017), mengumumkan pembelian tujuh kapal perang bernilai 5 miliar euro  atau sekitar Rp 78 triliun dari Italia.

Pemesanan kapal-kapal perang ini dilakukan di tengah krisis diplomatik dengan Arab Saudi dan sekutunya yang sudah memasuki bulan kedua.

"Kami sudah meneken kontrak pembelian tujuh kapal perang dari Italia bernilai 5 miliar euro," kata Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani dalam jumpa pers bersama Menlu Italia Angelino Alfano di Doha.

Kesepakatan ini menyusul penandatanganan kontrak awal pada Juni 2016 antara kelompok usaha Fincangtieri dan pemerintah Qatar untuk pemesanan empat kapal perang jenis korvet, kapal amfibi, dan dua kapal patroli.

Baca: Mesir Hentikan Layanan "Visa on Arrival" untuk Warga Qatar

Pada Juni lalu, Amerika Serikat juga sepakat menjual puluhan jet tempur F-15 bernilai 12 miliar dolar ke Qatar.

Kesepakatan dengan AS itu sekaligus menegaskan dukungan Washington terhadap negeri kecil yang kini diisolasi para tetangganya.

Arab Saudi dan para sekutunya pada 5 Juni lalu memutus hubungan diplomatik dengan Qatar karena negeri itu dituduh mendukung ekstremisme dan terlalu akrab dengan Iran.

Namun, pemerintah Qatar membantah tudingan Arab Saudi itu dan balik menuduh blok Saudi memang berniat untuk "mengepung" kerajaan kecil tersebut.

Arab Saudi dan sekutunya menginginkan Qatar memenuhi sejumlah tuntutan, antara lain menutup stasiun televisi Al Jazeera dan pangkalan militer Turki, untuk pencabutan isolasi.

Baca: Diusir dari Wilayah Saudi, Ratusan Ekor Unta Qatar Mati di Perbatasan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com