Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Campur Tangan Terkait Pernyataan Anaknya, Trump Jr

Kompas.com - 02/08/2017, 17:35 WIB

WASHIGTON DC, KOMPAS.com - Gedung Putih mengakui laporan yang menyebutkan Presiden Donald Trump campur tangan dalam merancang pernyataan anaknya mengenai pertemuan dengan seorang pengacara Rusia tahun lalu.

Trump “memberi pertimbangan” untuk jawaban anaknya kepada media bulan lalu tapi tidak mendiktekannya, kata Gedung Putih, seperti dilaporkan BBC, Rabu (2/8/2017).

Donald Trump Jr sebelumnya mengatakan, pertemuan tersebut membahas adopsi anak-anak Rusia sebelum mengaku ia ditawari informasi-informasi yang bisa menjatuhkan Hillary Clinton.

Sebelumnya, pengacara presiden menyangkal bahwa Trump memberi masukan pada pernyataan itu, sementara media melaporkan bahwa Trump bahkan “mendikte” pernyataan anaknya itu.

Putra Presiden AS berumur 39 tahun ini pertama mendapat sorotan setelah New York Times mulai melaporkan bulan lalu mengenai pertemuan Juni 2016 yang berlangsung di Trump Tower.

Baca: Trump Jr Tidak Cerita Ayahnya soal Pertemuan dengan Pengacara Rusia

Juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders, Selasa (1/8/2017), mengatakan, "Presiden memberi pertimbangan selayaknya seorang ayah berdasarkan informasi terbatas yang ia ketahui."

Tetapi ia bersikukuh Trump “tidak mendikte” pernyataan tersebut dan menyebutkan bahwa isu tersebut “tidak penting”.

"Para politikus Partai Demokrat mau menggunakan ini sebagai sirkus Humas dan sedang melakukan apapun yang mereka bisa lakukan agar cerita ini tetap hidup di koran setiap hari," tambahnya.

Huckabee Sanders mengatakan tidak ada yang salah dalam pernyataan Trump Jr. Presiden Trump telah berkali-kali menyangkal adanya kerjasama dengan Rusia.

Senat, DPR dan sebuah tim penasihat khusus sedang menyelidiki temuan inteligen bahwa Moskwa telah ikut campur dalam Pilpres AS dalam upaya mengalahkan Hillary Clinton – sebuah klaim yang disangkal oleh Kremlin.

Washington Post melaporkan, Presiden Trump sendiri secara pribadi mendikte pernyataan yang dilontarkan anaknya mengenai pertemuan dengan pengacara Natalia Veselnitskaya.

Baca: Email Trump Jr Perlihatkan Komunikasi dengan Rusia

Presiden sedang dalam perjalanan pulang bulan lalu di atas pesawat Air Force One dari pertemuan G8 di Jerman saat ia memberitahu anaknya apa yang harus dikatakan, tulis koran tersebut.

Pernyataan Trump Jr menyatakan ia dan Veselnitskaya "membahas terutama mengenai suatu program tentang adopsi anak-anak Rusia."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com