Setiap Hari, Satu Warga India Tewas Diserang Gajah dan Harimau - Kompas.com

Setiap Hari, Satu Warga India Tewas Diserang Gajah dan Harimau

Ervan Hardoko
Kompas.com - 01/08/2017, 15:04 WIB
Seekor gajah menyerang seorang pria di desa Baghasole, distrik Burdwan, negara bagian Bengal Barat, India pada Maret 2016.AFP Seekor gajah menyerang seorang pria di desa Baghasole, distrik Burdwan, negara bagian Bengal Barat, India pada Maret 2016.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sebuah data baru pemerintah India menyebutkan gajah dan harimau setiap hari menewaskan satu orang warga negeri itu.

Kondisi ini terjadi akibat habitat kedua hewan itu yang semakin terdesak bertambahnya jumlah penduduk.

Di sisi lain, manusia rata-rata membunuh satu ekor macan tutul sehari di saat konflik manusia dan hewan mencapai titik puncaknya.

Selama beberapa dekade terakhir, India kehilangan hutan dalam jumlah amat besar sehingga memperbanyak konflik antara manusia dan hewan.

Baca: Lagi, AL Sri Lanka Selamatkan Gajah yang Hanyut di Laut

Menurut data kementerian lingkungan India, sebanyak 1.144 orang tewas di seluruh India dalam jangka waktu 1.143 hari antara April 2014 hingga Mei tahun ini.

Kementerian menambahkan, dalam periode yang sama sebanyak 345 ekor harimau dan 84 ekor gajah juga mati, sebagian besar karena ulah pemburu gelap.

Direktur Jenderal Kehutanan India, Siddhanta Das mengatakan, merambahnya manusia ke wilayah habitat hewan menjadi sebab utama konflik ini.

"Kami kini tengah menggelar kampanye untuk meningkatkan pemahaman warga demi mengurangi korban," kata Das.

Dari seluruh korban, sebanyak 1.052 orang tewas akibat serangan gajah dan 92 orang lainnya tewas diterkam harimau.

Korban terbanyak terdapat di negara bagian Bengal Barat yang memiliki 800 ekor gajah dan terkenal sebagai habitat alami harimau bengala.

Tahun lalu, sekawanan gajah mengamuk selama beberapa jam di Bengal Barat. Amukan gajah ini menewaskan lima orang, menghancurkan sejumlah kendaraan dan rumah sebelum gajah-gajah itu dilumpuhkan dengan peluru bius.

Namun, situasi serupa bermunculan di berbagai wilayah India. Pada Juni lalu, seekor gajah menewaskan empat orang, termasuk bocah perempuan berusia 12 tahun, di negara bagian Tamil Nadu.

Baca: Berebut Air di Musim Kemarau, 6 Gajah Mati Diterkam Harimau

Sebagian besar serangan gajah terjadi di kawasan yang disebut sebagai "koridor gajah". Koridor ini adalah jalur yang biasa dilalui gajah secara turun temurun tetapi kini ditempati manusia.

Di India terdapat lebih dari 30.000 ekor gajah dan sekitar separuh dari seluruh populasi harimau di dunia atau lebih dari 2.200 ekor.

 

PenulisErvan Hardoko
EditorErvan Hardoko
SumberTelegraph
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM