Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Minta 10.000 Petugas Imigrasi Lagi untuk Lawan Geng Salvador

Kompas.com - 29/07/2017, 16:17 WIB

 

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Berbicara di tempat di mana polisi menangkap sejumlah anggota geng penjahat MS-13 di New York, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berjanji akan “membebaskan kota-kota Amerika” dari geng itu.

Voice of America, Sabtu (29/7/2017), melaporkan, berbicara di depan kelompok penegak hukum, Trump minta Kongres AS agar menyetujui dana tambahan bagi 10.000 petugas Imigrasi dan Duane (ICE) untuk “memberantas kartel-kartel kriminal di Amerika.”

Geng Mara Salvatrucha (MS)-13 adalah geng kriminal internasional dari Los Angeles, California, AS pada 1980-an.

Geng tersebut kemudian menyebar ke banyak bagian di AS, Kanada, Meksiko, dan Amerika Tengah, dan aktif di daerah perkotaan dan pinggiran kota. Kebanyakan anggota beretnis asal Amerika Tengah (terutama El Salvador).

Baca: Kisah di Balik MS-13, Geng Jalanan Paling Brutal di Dunia

Trump mengatakan, “Sekarang ini kita memiliki kurang dari enam ribu petugas ICE. Itu tidak cukup untuk melindungi bangsa Amerika yang berjumlah lebih dari 320 juta orang.”

Trump menceritakan laporan yang di bacanya belum lama ini, di mana seorang anggota geng MS-13 mengatakan, geng itu suka membunuh para korbannya secara pelan-pelan karena mereka senang membuat orang menderita.

Trump mengatakan para anggota geng itu, adalah “binatang”.

Dia menginstruksikan para petugas agar jangan bersikap terlalu baik ketika menangkap anggota geng MS-13. Trump ingin melihat “para penjahat itu dilempar ke dalam truk polisi secara kasar.

Dikatakannya, “Bersama-sama kita akan memulihkan keamanan di jalan-jalan kita dan ketenteraman kepada masyarakat kita, dan kita akan menghancurkan kartel kriminal jahat MS-13 itu.”

Baca: Tujuh Anggota Geng Kriminal El Salvador Dipenjara 390 Tahun

Pejabat Direktur ICE Tom Homan mengatakan, setiap anggota MS-13 pasti hidup dalam ketakutan, “karena ICE dan para mitranya akan bertindak secara keras dan tegas.”

“Kita akan lebih berfokus pada penghancuran mutlak organisasi pengecut yang menteror orang-orang yang paling rentan di negara kita.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com