Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senat AS Tolak Pencabutan Obamacare

Kompas.com - 27/07/2017, 11:11 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Partai Republik menerima pukulan telak kedua setelah  pada Rabu (26/7/2017), Senat menolak untuk mencabut Obamacare.

Keputusan Senat ini membuat Partai Republik harus bekerja keras untuk memenuhi janji Presiden Donald Trump mencabut Undang-undang Layanan Kesehatan yang Terjangkau 2010 itu.

Upaya mencabut Obamacare gagal setelah tujuh anggota Senat asal Partai Republik bergabung dengan para politisi Demokrat menentang rencana itu.

Jika Obamacare dicabut, Kantor Bidang Anggaran Kongres yang non-partisan memperkirakan, sebanyak 32 juta warga Amerika Serikat tak memiliki lagi tunjangan kesehatan selama satu dekade mendatang.

Baca: Presiden Trump: Obamacare Sudah Mati

Kekalahan Partai Republik ini terjadi hanya beberapa jam setelah Senat menolak rencana pengganti Obamacare yang disiapkan Partai Republik.

Rasa frustrasi terlihat jelas pada beberapa politisi Partai Republik, salah satunya Senator Ben Sasse yang berusaha menyemangati rekan-rekannya.

"Jangan berbuat kesalahan, hasil voting hari ini merupakan kekecewaan besar bagi rakyat yang menginginkan pencabutan (Obamacare)," kata Senator Ben.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar upaya mencabut Obamacare ini bisa tetap hidup adalah memangkas sebagian undang-undang tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com