Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tank AD Mesir Gilas Mobil Teroris Penuh Bahan Peledak

Kompas.com - 27/07/2017, 07:10 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com - Sebuah tank milik AD Mesir terekam kamera melindas sebuah mobil berisi bahan peledak yang dikemudian teroris.

Dalam insiden yang terjadi di Semenanjung Sinai ini, setidaknya 50 nyawa pengguna jalan di kawasan tersebut terselamatkan.

Sayangnya, sebanyak tujuh warga sipil, dua di antara mereka anak-anak tak bisa diselamatkan dalam kejadian di sebuah pos pemeriksaan militer itu.

Juru bicara militer Mesir menjelaskan, sebuah tank angkatan darat memang berada di pos pemeriksaan di dekat kota Arish, provinsi Sinai Utara.

Baca: Inilah Deretan Tank Terbaik di Dunia

Semenanjung Sinai menjadi kawasan rawan di Mesir setelah sejumlah kelompok militan termasuk ISIS angkat senjata melawan pemerintah.

Dalam video CCTV itu kemudian terlihat sebuah mobil sedan melaju kencang ke arah pos perbatasan, tetapi kemudian mengurangi kecepatan dan berhenti hanya beberapa meter di depan tank AD itu.

Meski dari rekaman CCTV tak bisa diketahui apa yang dilihat pengemudi tank di dalam mobil itu, tetapi kemungkinan besar dia menaruh curiga.

Hanya beberapa detik setelah mobil itu berhenti, tank itu bergerak dan langsung melindas mobil mencurigakan tersebut.

Ternyata, menurut penjelasan militer, di dalam mobil ini terdapat empat orang pria bersenjata.

Dalam video itu juga terlihat puluhan orang pengguna jalan berlari menjauh dari mobil yang digilas tank untuk mencari perlindungan.

Setelah "puas" menggilas mobil itu, tank tersebut kemudian mundur dan kembali bergabung dengan kendaraan militer lainnya.

Saat itulah, sebuah ledakan dahsyat terjadi dari mobil tersangka teroris yang sudah gepeng dilindas tank.

"Ledakannya sangat dahsyat karena berasa dari bahan peledak berbobot sekitar 100 kilogram," demikian pernyataan militer Mesir.

Militer Mesir menambahkan, jika mobil itu diledakkan di keramaian kemungkinan besar 50-60 orang akan tewas seketika.

Baca: Armata, Tank Super Rusia yang Membuat Negara Barat Gelisah

Pemberontakan kelompok militan bersenjata di Semenanjung Sinai meningkat setelah Presiden Mohamed Morsi yang disokong Ikhwanul Muslimin digulingkan menyusul aksi massa besar-besaran pada pertengahan 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com