Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Kawasan Wisata Perancis, 10.000 Orang Dievakuasi

Kompas.com - 26/07/2017, 15:13 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

PARIS, KOMPAS.com - Sedikitnya 10.000 orang, termasuk ribuan wisatawan, dievakuasi setelah kebakaran hutan terjadi di wilayah selatan Perancis.

Pemerintah, Rabu (26/7/2017), mengatakan, kebakaran itu muncul sehari setelah perancis meminta Uni Eropa membantu mengatasi kebakaran di beberapa titik di wilayah selatan yang kering, termasuk di dekat resor wisata Saint-Tropez.

Pasukan pemadam kebakaran juga tengah memerangi kebakaran hutan di Pulau Corsica, Laut Tengah dan Portugal.

Dari ribuan orang yang dievakuasi itu, sebanyak 3.000 orang di antaranya adalah para turis yang menempati bumi-bumi perkemahan.

Jumlah manusia di kawasan pesisir Cote d'Azur , Perancis membengkak pada Juli hingga Agustus yang didongkrak kedatangan para wisatawan.

Baca: Korban Tewas Kebakaran Hutan di Portugal Jadi 57 Orang

Tahun ini, kawasan  wisata itu mengalami masa kering dan panas yang luar biasa sehingga sangat rawan kebakaran.

Pada Selasa (25/7/2017) sebanyak 4.000 personel pemadam kebakaran dan tentara yang didukung 19 pesawat "pengebom air" sudah dimobilisasi untuk melawan kebakaran ini.

Dengan embusan angin yang cukup kencang ditambah cuaca yang amat panas menciptakan bahaya tambahan. Sehingga pemerintah Perancis meminta Uni Eropa mengirim dua lagi pesawat pemadam kebakaran.

Uni Eropa mengatakan, permintaan Perancis ini langsung dipenuhi Italia yang mengirimkan pesawat-pesawat pemadam kebakarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com