Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Israel Cabut Detektor Logam di Al-Aqsa, Seruan Boikot Berlanjut

Kompas.com - 25/07/2017, 16:00 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Organisasi Wakaf mengingatkan umat Muslim untuk melanjutkan aksi boikot terhadap kebijakan pengamanan di situs suci Haram al-Sharif di Jerusalem timur, oleh Pemerintah Israel.

Seruan itu tetap berkumandang, meskipun otoritas Israel telah mencabut pemasangan detektor logam bagi warga yang hendak memasuki kawasan di mana berdiri Masjid Al-Aqsa.

"Tidak masuk masjid Al-Aqsa sampai setelah dikaji oleh panitia teknis dan kondisi dikembalikan seperti situasi sebelum tanggal 14 Juli."

Demikian bunyi sebuah pernyataan dari Wakaf, organisasi wakaf Islam yang mengelola masjid tersebut, Selasa (25/7/2017), seperti dikutip AFP.

Seperti diberitakan sebelumnya, Israel telah mencabut detektor logam dan kamera pengawas.

Namun, Israel pun mengatakan akan menerapkan teknologi maju dan sarana lain yang tidak diungkapkan, untuk menjamin keamanan di sana.

Baca: Israel Putuskan Copot Detektor Logam di Masjid Al-Aqsa

Polemik di kawasan suci itu terjadi setelah aksi penembakan terhadap dua polisi Israel, oleh tiga orang keturunan Arab.

Ketiga pelaku sempat melarikan diri dan lalu ditembak mati di pelataran Masjid Al-Aqsa, pada hari Jumat pagi, 14 Juli lalu.

Setelah insiden itulah, otoritas Israel menerapkan pengamanan ekstra ketat di kawasan situs suci yang oleh umat Muslim disebut sebagai Haram al-Sharif dan orang Yahudi menyebutnya sebagai Bukit Kuil.

Masjid Al-Aqsa adalah bagian dari situs itu dan kerap menjadi lokasi bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel, namun tembakan senjata api jarang terjadi di sana.

Situs ini mencakup masjid Al-Aqsa dan Dome of the Rock atau Kubah Shakhrah.

Dome of the Rock jika diartikan secara harfiah adalah "Kubah Batu". Bangunan itu adalah tempat suci umat Yahudi dan Islam.

Selain itu, bangunan tersebut menjadi marka tanah utama yang terletak di tengah-tengah, di dalam tembok kompleks Haram al-Sharif.

Kompleks ini berada dalam tembok Kota Tua Jerusalem, sebelah timur.

Baca: Penembakan di Masjid Al-Aqsa, Abbas dan Netanyahu Bicara di Telepon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com