Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Trump Resmikan Kapal Induk Terbaru Amerika Serikat

Kompas.com - 23/07/2017, 20:39 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Donald Trump menyebut Amerika Serikat sudah kembali menjadi kekuatan dominan dalam militer dunia.

Pernyataan ini disampaikan Trump saat meresmikan kapal induk terbaru dan tercanggih milik negeri itu USS Gerald Ford, Sabtu (22/7/2017), di Norfolk, Virginia.

Trump menambahkan, telah terjadi penurunan kemampuan dan kesiapan angkatan bersenjata dan menyebut beberapa tahun lalu merupakan masa-masa terburuk bagi militer.

Trump menyebut kapal induk yang menghabiskan biaya 12,9 miliar dolar atau sekitar Rp 173 triliun itu sebagai simbol era baru di saat Amerika menjadi semakin kuat.

Baca: USS Gerald R Ford, Kapal Induk Super Berharga Rp 173 Triliun

"Saat kapal ini melintasi cakrawala para sekutu kita akan merasa tenang dan musuh-musuh kita akan bergetar ketakutan karena semua orang tahu Amerika datang dan Amerika semakin kuat," kata Trump.

Dalam pidatonya, Trump kemudian menekankan perlunya anggaran pertahanan yang besar untuk mendapatkan persenjataan yang paling maju.

Trump, sebelumnya pernah mengatakan, dia menginginkan setidaknya dua lagi kapal induk baru sehingga membuat jumlah kapal indung AL Amerika Serikat menjadi 10 atau 12 buah.

Kapal baru ini dinamai sesuai nama Presiden Gerald Ford yang memerintah pada 1974-1977 dan dikenal sangat menentang Perang Vietnam.

Kapal ini membutuhkan kru yang lebih sedikit ketimbang kapal induk kelas Nimitz yang digantikannya.

Kapal ini juga menggunakan sistem peluncuran pesawat elektromagnetik (EMALS) untuk menggantikan sistem ketapel tradisional.

Pembangunan kapal induk ini dimulai pada 2009 dan dijadwalkan kapal baru ini mulai aktif beroperasi pada 2020.

Baca: AL Inggris Uji Coba Kapal Induk Baru Berharga Rp 102 Triliun

Kapal induk yang digerakkan dua reaktor nuklir ini mampu membawa 90 unit pesawat terbang berbagai jenis.

Setelah kapal induk USS Gerald Ford, angkatan laut berencana mengeluarkan biaya total 43 miliar dolar untuk membangun dua lagi kapal induk dengan kelas yang sama yaitu USS John F Kennedy dan USS Enterprise.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com