Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabel Dirusak Monyet Babun, Aliran Listrik di Kota Ini Putus

Kompas.com - 18/07/2017, 17:34 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

LUSAKA, KOMPAS.com - Nyaris sepanjang Minggu (16/7/2017), warga kota Livingstone, Zambia terpaksa hidup tanpa aliran listrik yang tiba-tiba terputus.

Warga kota tak pernah menyangka bahwa penyebab putusnya aliran listrik itu adalah seekor kera babun.

Perusahaan listrik Zambia, ZESCO membenarkan, hewan tersebut tak sengaja merusak mesin pembangkit listrik bertegangan tinggi.

Akibatnya, aliran listrik terputus dan membuat sekitar 50.000 pelanggan di Livingstone dan Provinsi Barat tak bisa menikmati aliran listrik.

Juru bicara ZESCO, Henry Kapata mengatakan, hewan itu sudah diamankan dan diserahkan kepada Otorita Alam Liar Zambia (ZAWA) dan saat ini sedang dirawat di ruang ICU.

Baca: Seekor Monyet Obesitas di Thailand Dipaksa Berdiet

"Kera babun itu merusak mesin pembangkit tegangan tinggi yang menyebabkan aliran listrik terputus selama 6 jam 50 menit," kata Kapata kepada stasiun radio Byta FM.

"Kabel yang tak sengaja dirusak babun itu bertegangan tinggi tetapi entah bagaimana hewan itu selamat. Kerusakan ini disebabkan hewan sehingga kami tak bisa melakukan tuntutan," tambah Kapata.

Livingstone adalah kota wisata di Zambia di mana hewan-hewan liar biasa berkeliaran karena kota itu berada tak jauh dari sebuah taman nasional.

Insiden serupa pernah terjadi tahun lalu ketika seekor monyet mengakibatkan putusnya aliran listrik hampir di seluruh wilayah Kenya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com