Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intelijen Irak dan Kurdi Sebut Abu Bakr Al-Baghdadi Masih Hidup

Kompas.com - 17/07/2017, 19:38 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Telegraph

BAGHDAD, KOMPAS.com - Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi, yang diklaim Rusia sudah tewas, kemungkinan besar masih hidup.

"(Abu Bakr) al-Baghdadi masih hidup. Dia belum tewas. Kami mendapatkan informasi bahwa dia 99 persen masih hidup," kata Lahur Talabany, seorang perwira kontra-terorisme Kurdi, Senin (17/7/2017).

Talabany mengklaim, pemimpin ISIS itu terdeteksi di sebuah lokasi di sebelah selatan kota Raqqa, Suriah yang didaulat sebagai ibu kota Kekalifahan Islam ISIS.

"Jangan lupa akarnya kembali ke masa-masa Al-Qaeda di Irak. Dia punya banyak pengalaman bersembunyi dan menghindari kejaran pasukan keamanan. Dia tahu apa yang dia kerjakan," tambah Talabany kepada Reuters.

Baca: Misteri Kematian Pempimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi

Sebelumnya, Rusia mengklaim Al-Baghdadi, yang tak pernah terlihat publik sejak mendeklarasikan kekalifahan di kota Mosul pada Juli 2014, telah tewas dalam serangan udara saat dia bertemu dengan para komandan senior ISIS di dekat Raqqa pada 28 Mei lalu.

Klaim Rusia ini diperkuat penjelasan lembaga Pemantau HAM Suriah (SOHR) yang pekan lalu mengatakan telah menerima "kabar yang belum dapat dikonfirmasi" bahwa Baghdadi telah tewas di Suriah.

Namun, para pejabat Barat dan Irak belum dapat mengkonfirmasi kedua klaim terkait kematian Al-Baghdadi itu.

"Kami akan menganggap dia (al-Baghdadi) masih hidup sebelum terbukti sebaliknya, dan saat ini kami belum bisa membuktikan bahwa dia sudah tewas," kata  Menteri Pertahanan AS Jim Mattis pekan lalu.

Kemungkinan masih hidupnya Al-Baghdadi juga dibenarkan direktur jenderan dinas intelijen dan kontra-terorisme Irak, Abu Ali Basri.

"Kami lebih berkepentingan dari pihak lain terkait kematian Al-Baghdadi dibanding pihak lain dalam memburu, memantau semua pergerakan Baghdadi dan pengikutnya," ujar Basri.

"Sel-sel pemantau seluruhnya membantah kabar kematian Al-Baghdadi dan laporan lain soal kematiannya," lanjut Basri.

Al-Baghdadi kemungkinan besar tak berada di kota Raqqa, Suriah yang sedang dikepung pasukan pemberontak dan dibombardir koalisi pimpian AS.

Baca: Rusia Klaim Bunuh Gembong Teroris ISIS Abu Bakr al-Baghdadi

Untuk beberapa lama, Al-Baghdadi diyakini terus berpindah di dalam wilayah ISIS di sepanjang perbatasan Suriah dan Irak.

Harian The Telegraph mendapatkan kabar dari penduduk desa Jdaidet al-Okaibat di pinggiran kota Deir Ezzor, Suriah yang diduduki ISIS bahwa Al-Baghdadi mincul pada shalat Idul Fitri lalu.

Warga desa itu mengklaim, Baghdadi menjalankan shalat bersama 200 orang pengikutnya dan kondisinya sangat "sehat dan bugar".

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com