Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2017, 15:21 WIB

OTTAWA, KOMPAS.com - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau bertemu dengan seorang bayi yang menggunakan namanya.

Orangtua si bayi yang adalah pengungsi Suriah itu menggunakan nama sang perdana menteri untuk anak mereka sebagau ucapan terima kasih atas kebijakan Kanada menerima pengungsi.

Bayi laki-laki berusia dua bulan, bernama lengkapnya Justin Trudeau Adam Bilan, tertidur saat sang perdana menteri memeluknya dalam sebuah acara di kota Calgary, Sabtu (15/7/2017) waktu setempat.

Baca: Justin Trudeau Sapa Masyarakat Indonesia Lewat "Vlog" bareng Jokowi

Anak laki-laki itu lahir pada Mei lalu di Calgary, beberapa bulan setelah orangtuanya dan dua anak mereka melarikan diri dari Suriah yang dilanda perang.

Pasangan suami-istri, Muhammad dan Afraa Bilan, orangtua bayi Justin Trudeau, berasal dari Damaskus, ibu kota Suriah.

Ketika mereka tiba di Montreal pada Februari tahun lalu, Trudeau tidak menyambut mereka di bandara, seperti yang dilakukannya saat menemui pengungsi Suriah lainnya.

Meski demikian, mereka mengaku harus berterima kasih kepada sang perdana menteri, sehingga mereka memberi nama Justin Trudeau untuk bayi laki-laki mereka.

Antara November 2015, ketika Trudeau beru menjadi perdana menteri, hingga Januari 2017, lebih dari 40.000 pengungsi Suriah telah dimukimkan kembali di Kanada. Sekitar 1.000 orang dari mereka pindah ke Calgary.

Pada akhir Januari, setelah Presiden AS Donald Trump melarang kehadiran migran dari tujuh negara berpenduduk mayoritas Muslim, Trudeau menegaskan pemerintahannya berkomitmen untuk membantu orang-orang yang melarikan diri dari penganiayaan, teror, dan perang.

Di Ontario pada Februari lalu, pasangan Suriah lainnya juga menamai bayi mereka dengan nama Justin Trudeau sebagai penghormatan kepada sang perdana menteri.

Baca: Saat Obama dan Justin Trudeau "Nongkrong" Santai di Montreal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com