Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Siap Rawat Peraih Nobel Perdamaian Liu Xiaobo

Kompas.com - 12/07/2017, 19:32 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Pemerintah Jerman menyatakan siap untuk memberikan perawatan medis kepada peraih Nobel Perdamaian Liu Xiaobo.

Tak hanya itu, Jerman pun mendesak Pemerintah China untuk membiarkan lelaki itu meninggalkan negara tersebut untuk pengobatan.

Jurubicara Kanselir Angela Merkel, Steffen Seibert, Rabu (12/7/2017), menyebutkan, Jerman menyuarakan perhatian terbesar atas laporan bahwa kesehatan Liu yang semakin memburuk.

Baca: Idap Kanker Hati, Otoritas China Bebaskan Pembangkang Liu Xiaobo  

Pria berusia 61 tahun menderita gagal napas setelah sebelumnya juga disebut mengalami gagal organ, akibat jalaran kanker hati yang dideritanya.  

"Jerman siap untuk menjadi tuan rumah dan mengobati secara medis terhadap aktivis China, yang dijatuhi hukuman 11 tahun penjara pada 2009 karena subversi karena menyerukan reformasi demokratis," kata Seibert.

"Pemerintah Jerman meminta kepemimpinan China untuk memprioritaskan aspek kemanusiaan dari kasus ini dan membiarkan Liu dan keluarganya segera meninggalkan negara tersebut."

Baca: Kanker di Hati Xiaobo Menyebar, Keluarga Ingin Perawatan di Luar China

Liu dibebaskan dengan pembebasan bersyarat medis setelah didiagnosis menderita kanker hati stadium akhir bulan lalu.

Salah satu teman keluarga Liu mengatakan kepada AFP , dia telah mengirim surat dari istri Liu kepada Pemerintah AS dan Jerman, yang menyatakan keinginan pasangan tersebut untuk meninggalkan China.

Sementara, Pemerintah China menolak permintaan internasional untuk membiarkan Liu mencari perawatan di luar negeri.

China berdalih, Liu sudah mendapatkan perawatan terbaik dari dokter terbaik.

Liu berpotensi menjadi pemenang Hadiah Nobel Perdamaian pertama yang meninggal dalam tahanan, sejak Carl von Ossietzky, yang meninggal dunia di rumah sakit saat tahan Nazi pada tahun 1938.

Seibert mengatakan, laporan terbaru tentang kondisi kesehatan Liu menimbulkan pertanyaan apakah kanker itu seharusnya didiagnosa, dan diobati jauh lebih awal.

Liu ditangkap pada tahun 2008 setelah menggagas Piagam 08, sebuah petisi tebal yang menyerukan perlindungan hak asasi manusia dan reformasi sistem komunis satu partai di China.

Baca: Taiwan Tawarkan Pengobatan untuk Pembangkang China, Liu Xiaobo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com