Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkait Pembangunan Pipa Gas, Menantu Erdogan Akan Kunjungi Israel

Kompas.com - 12/07/2017, 19:00 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

ISTANBUL, KOMPAS.com - Menteri Energi Turki Berat Albayrak akan berkunjung ke Israel akhir tahun ini untuk menyelesaikan kesepakatan pembangunan pipa gas antara kedua negara.

Kunjungan Albayrak, yang juga menantu Presiden Recep Tayyip Erdogan, akan menjadi sebuah langkah diplomatik signifikan yang dilakukan Ankara setelah hubungan kedua negara dipulihkan.

"Diharapkan, Menteri Albayrak akan mengunjungi Israel tahun ini yang akan mempercepat penyelesaian kesepakatan kedua negara," kata Menteri Energi Israel Yuval Steinitz, Rabu (12/7/2017).

Steinitz menambahkan, kedua negara sudah sepakat mempercepat upaya pembangunan pipa gas dari Israel ke Turki ini.

Baca: Israel dan Turki Sepakat Bangun Jalur Pipa Gas Bawah Laut

Meski demikian, Steinitz belum memastikan tanggal pasti kunjungan Albayrak dan hanya menyebut kunjungan itu akan digelar dalam beberapa bulan mendatang.

Turki, yang sebagian besar kebutuhan energinya diperoleh dari luar negeri, berniat untuk melakukan diversifikasi dan sudah memerhatikan sumber gas di Israel ini.

Sementara, Israel sedang mencari rekanan untuk mengembangkan ladang gas alamnya untuk menjadikan kekayaan alam ini bisa digunakan.

"Kami ingin membangun pipa gas dari Israel menuju Turki untuk mengekspor gas alam kami ke Turki," kata Steinitz.

Dia menambahkan, jika sudah mencapai Turki maka gas alam Israel bisa disalurkan menuju ke Eropa Barat dan kawasan Balkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com