Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Pulau di Jepang "Haramkan" Kunjungan Perempuan

Kompas.com - 10/07/2017, 19:09 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Badan PBB untuk Pendidikan dan Kebudayaan (UNESCO) akhirnya menetapkan Pulau Okinoshima di Jepang sebagai Warisan Dunia.

Pulau ini sangat unik karena dianggap sebagai tempat suci yang tak boleh dikunjungi perempuan.

Pulau Okinoshima merupakan tempat Kuil Okitsu, yang dibangun pada abad ke-17 berdiri dan digunakan mendoakan keselamatan para pelaut.

Sebelum masuk ke pulau yang terlarang untuk perempuan tersebut, para pria harus melepas pakaian dan menjalani ritual pembersihan diri.

Baca: Kota Tua Hebron Jadi Warisan Dunia, Israel Protes

Dan pada saat meninggalkan pulau, mereka juga dilarang membawa cendera mata apapun maupun menceritakan rincian tentang kunjungannya.

Sebelum Kuil Okitsu dibangun, Okinoshima sudah digunakan sebagai tempat mendoakan kapal-kapal, yang antara lain berlayar untuk hubungan perdagangan dengan Korea dan China, seperti dilaporkan harian Japan Times.

Sekitar 8.000 artefak, yang dibawa sebagai persembahan dari luar negeri, seperti pedang, cermin, maupun termasuk beberapa cincin emas dari Semenanjung Korea ditemukan di pulau itu.

Pulau Okinoshima kini sudah dibuka bagi para pengunjung namun hanya untuk satu hari setiap tahunnya, yaitu setiap 27 Mei. Meski sudah terbuka untuk umum semua peraturan-peraturan kuno masih diterapkan.

Jumlah pengunjung dibatasi hanya 200 orang dengan kewajiban melakukan ritual pembersihan diri di laut dan sekali lagi hanya untuk laki-laki.

Baca: Ledakan Bom Merusak Benteng Kuno di Aleppo yang Masuk Warisan Dunia

Jika tak ada pengunjung maka ada seorang penghuni di Pulau Okinoshima, yaitu seorang pendeta Shinto.

Pekan lalu, UNESCO menetapkan Kota Tua Hebron di Israel sebagai warisan dunia atas usulan Palestina dan pemerintah Israel memprotes keputusan UNESCO itu.

Di Inggris, Taman Nasional Lake District -yang terletak di Inggris tengah- juga masuk dalam Warisan Dunia setelah mengajukan diri sejak 1986.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com