Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Tangkap 29 Orang Terduga Militan ISIS

Kompas.com - 07/07/2017, 18:17 WIB

ANKARA, KOMPAS.com  - Polisi Turki telah menahan 29 orang tersangka militan dan simpatisan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di Istanbul. Sebanyak 22 orang di antaranya warga negara asing yang diyakini sedang bersiap melakukan perjalanan ke Suriah.

Menurut kantor berita negara Anadolu, Jumat (7/7/2017), polisi anti-terorisme melakukan operasi di 20 alamat terpisah di enam distrik Istanbul pada Kamis malam, sebagaiman dilaporkan Reuters.

Anadolu menambahkan, satu senjata dan dokumen yang tidak berizin yang dimiliki kelompok jihad ditemukan dalam penggerebekan tersebut.

Baca: Militer Turki: 65 Militan ISIS Tewas di Suriah Utara

Ribuan warga asing bergabung dengan militan ISIS dalam usaha untuk menegakkan “kekhalifahan” versi ISIS di Suriah dan Irak dalam beberapa tahun ini, dan umumnya masuk lewat Turki.

Ankara telah menahan lebih dari 5.000 tersangka anggota dan simpatisan ISIS dan mendeportasi 3.290 militan asing dari 95 negara yang berbeda dalam beberapa tahun terakhir.

Ankara juga telah menolak masuk untuk setidaknya 38.269 individu.

Baca: Erdogan: Turki Siap Bersihkan Perbatasannya dari ISIS

Pada Rabu (5/7/2017), polisi Turki menahan enam tersangka militan ISIS karena berencana menyerang demonstrasi yang dipimpin oleh kepala partai oposisi sekuler.

Dalam operasi terpisah pada Rabu, polisi Turki menahan 37 tersangka pejuang Islam lainnya di seluruh Turki, kata pihak berwenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com