Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Tuduh Rusia Punya Tingkah Laku Menggoyahkan

Kompas.com - 06/07/2017, 18:01 WIB

WARSAWA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa negaranya tengah bekerja sama dengan Polandia untuk mengatasi hal yang disebut sebagai tingkah laku Rusia yang menggoyah.

Trump mengatakan hal itu dalam kunjungan di Polandia pada Kamis (6/7/2017), sehari sebelum bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam KTT G20 di Hamburg, Jerman.

"Kami bekerja sama dengan Polandia untuk melawan tindakan-tindakan Rusia dan tingkah lakunya yang mendestabilkan," kata Trump dalam jumpa pers bersama Presiden Polandia, Andrzej Duda.

Namun, Trump tidak memberikan rincian tentang aksi dan tingkah laku Rusia yang dimaksud. Menurut Trump, AS memegang komitmen untuk menjaga perdamaian di Eropa.

Baca: Trump Mampir di Polandia sebelum Hadiri KTT G20 di Jerman

Trump memuji Polandia karena dapat menjadi contoh baik dan memenuhi kewajiban keuangannya sebagaai anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Dari Polandia, Trump akan melakukan kunjungan ke Jerman guna menghadiri KTT G20 selama dua hari yang mulai digelar pada Jumat (7/7/2017).

Dalam KTT itu pula, Trump untuk pertama kalinya akan bertemu langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Pergunjingan hubungan keduanya telah meningkat di AS.

Sementara itu pihak berwenang Jerman telah meningkatkan pengamanan di kota Hamburg.

Lembaga-lembaga amal diperkirakan akan menggelar demonstrasi untuk mendesak para pemimpin G20 mengatasi ketimpangan yang terjadi di dunia.

Baca: Polandia Tambah 53.000 Tentara Hadapi Ancaman Rusia 

Di samping itu ribuan orang lainnya dijadwalkan juga akan menggelar protes dengan agenda berbagai masalah, termasuk perubahan iklim.

Kepolisian Jerman memperingatkan kemungkinan terjadinya kekerasan dan mereka telah menyita sejumlah senjata rakitan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com