Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor Dilarang Beroperasi di Hanoi Mulai 2030

Kompas.com - 04/07/2017, 17:22 WIB

HANOI, KOMPAS.com – Otoritas kota Hanoi, Vietnam, menyetujui rencana baru pada Selasa (4/7/2017), yakni melarang sepeda motor digunakan di jalan-jalan kota mulai pada 2030.

Langkah itu sebagai upaya mengurangi kemacetan lalu lintas dan mengatasi polusi, kata Komite Rakyat Hanoi dalam situs berita internalnya, seperti yang dipantai Reuters, Selasa ini.

Pihak berwenang untuk pertama kali mulai mempertimbangkan larangan tersebut sejak tahun lalu.

Mereka khawatir, jalan-jalan kota yang sempit akan penuh sesak oleh kendaraan seiring pertumbuhan penduduk dan meningkatnya kemampuan kelas menengah membeli mobil.

Baca: Sepeda Motor Akan Dilarang Masuk ke Pusat Kota Hanoi

Di bawah skema tersebut, pemerintah kota secara bertahap akan membatasi sepeda motor di daerah-daerah tertentu, kata komite tersebut dalam sebuah pernyataan di situsnya.

Namun, tetap ada kekhawatiran atas kelayakan penerapan rencana tersebut.

Pengendara sepeda motor mengatakan bahwa tidak mungkin melarang orang menggunakan kendaran roda dua untuk bertransportasi, terutama karena angkutan umum kota yang buruk.

Pertumbuhan ekonomi Vietnam yang pesat telah mendorong pendapatan rumah tangga meningkat empat kali lipat sejak beberapa dekade terakhir.

Baca: Motor Akan “Diusir” dari Ibu Kota Vietnam

Satu di antara dua dari seluruh 90 juta warga Vietnam dilaporkan memiliki sepeda motor atau populasi sepeda motor saat ini ada 45 juta unit. Penjualan mobil pun naik 30 persen pada 2016.

Jalan-jalan di Hanoi diperkirakan disesaki oleh enam juta sepeda motor dalam tiga tahun ke depan, menurut pemerintah kota. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com