Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Saat Saya Menembak Osama bin Laden"

Kompas.com - 03/07/2017, 09:54 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Rincian operasi rahasia untuk menangkap pemimpin kelompok Al Qaeda, Osama bin Laden, kembali dimunculkan, kali ini melalui buku berjudul The Operator karya tulisan Robert O'Neill.

O'Neill adalah salah satu anggota pasukan khusus Amerika Serikat yang diberi tugas menangkap Bin Laden, setelah CIA menerima informasi pria tersbeut bersembunyi di satu rumah di Abbottabad, Pakistan.

Operasi pada awal Mei 2011 tersebut sekaligus mengakhiri perburuan terhadap Bin Laden yang telah berlangsung selama 10 tahun.

"Pertama kali saya melihat Bin Laden adalah ia lebih tinggi dan lebih kurus dari yang saya perkirakan," kata O'Neill dalam wawancara dengan Radio BBC 5 Live.

Baca: Pasukan Navy Seal Satukan Kepala Osama bin Laden untuk Identifikasi

O'Neill bersama beberapa anggota pasukan khusus berada di lantai dua rumah Bin Laden di Abbottabad.

Pertemuan pertama tersebut terjadi di kamar yang dipakai Bin Laden. Jarak antara O'Neill dan Bin Laden hanya sekitar satu meter.

"Jenggotnya lebih pendek dan berwarna abu-abu ... saya langsung mengenali (Bin Laden) dari hidungnya," kata O'Neill.

Dalam situasi ini, O'Neill berasumsi bahwa Bin Laden adalah sumber ancaman, mungkin punya rompi bom atau senjata api yang bisa dipakai untuk melawan.

"Jadi saya menembaknya dua kali di bagian wajah. Saya tembak sekali lagi di bagian wajah ketika ia tergeletak (di lantai). Semuanya berlangsung begitu cepat. Saya tak yakin apakah dia melihat saya, yang pasti saya melihat dirinya," kata O'Neill.

Ketika penembakan terjadi, di kamar ada istri Bin Laden dan tiga anak kecil.

"Sebagai seorang ayah, pikiran saya adalah anak-anak ini tak ada hubungan dengan (tindakan yang dilakukan) Bin Laden. Mestinya mereka tidak ada di sini," tambah dia.

O'Neill mengaku dia kemudian meminta anak-anak ini untuk mendekat ke istri Bin Laden yang berada di tempat tidur.

Baca: Sukses Singkirkan Osama bin Laden, AS Incar Pimpinan ISIS

"Pada momen ini saya baru mulai sadar (bahwa saya baru saja menembak mati Bin Laden). Seorang tentara lain muncul dan bertanya apakah saya baik-baik saja. Kemudian saya jawab, ya baik-baik saja," kata O'Neill.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com