Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kembalikan Stempel Kerajaan Korea yang "Dijarah" 60 Tahun Lalu

Kompas.com - 03/07/2017, 05:43 WIB

KOMPAS.com - Amerika Serikat mengembalikan dua cap atau stempel kerajaan kuno ke Korea Selatan, yang dijarah dari negara itu lebih dari 60 tahun lalu.

Artefak peninggalan dinasti Chosun dari abad 16 dan 17 ini diyakini keduanya memiliki nilai 1,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 19 milliar.

Stempel kerajaan yang menggambarkan kura-kura, dikembalikan kepada Presiden Moon Jae-in dalam kunjunganya ke Washington pada Jumat (30/6/2017) lalu.

AS telah mengembalikan sekitar 8.000 benda kepada lebih dari 30 negara sejak 2007.

Artefak Korea Selatan berupa sebuah stempel berlapis emas-perunggu buatan tahun 1547 dibuat untuk menghormati Ratu Munjeong, istri ketiga raja kesebelas Dinasti Chosun.

Benda itu diduga dicuri ketika berlangsungnya Perang Korea.

Benda lainya, sebuah balok batu giok yang dibuat untuk Raja Hyeonjong pada 1651 -yang diyakini diambil pada masa pendudukan Jepang di Korea antara 1910 dan 1945.

Penyelidikan dimulai setelah stempel Ratu Munjeong ditemukan di sebuah museum di Los Angeles pada 2013. Stempel Raja Hyeonjong ditemukan sebagai koleksi pribadi.

Keduanya sampai di Korea pada Minggu (2/7/2017) bersama dengan Presiden Moon. Artefak itu akan dipamerkan ke publik mulai Agustus mendatang.

Baca: Koleksi Artefak Hitler Ditemukan di Ruang Tersembunyi di Argentina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com