Rumah Kelahiran Hitler Resmi Jatuh ke Tangan Pemerintah Austria - Kompas.com

Rumah Kelahiran Hitler Resmi Jatuh ke Tangan Pemerintah Austria

Kompas.com - 30/06/2017, 17:41 WIB
AFP PHOTO Pengunjuk rasa berkumpul di depan rumah kelahiran diktator Adolf Hitlerdi Kota Braunau Am Inn, Austria. Foto ini diambil para bulan April 2015.

WINA, KOMPAS.com - Pengadilan Austria memutuskan, pemerintah berhak penuh untuk merebut rumah di mana diktator Nazi Adolf Hitler lahir pada tahun 1889, setelah pemiliknya menolak untuk menjual.

Seperti diberitakan Associated Press, Jumat (30/6/2017), Pengadilan Konstitusi memutuskan pemerintah memiliki wewenang penuh untuk mengambil alih rumah di Brauau am Inn, dekat perbatasan Jerman.

Baca: Akankah Rumah Kelahiran Hitler Hancur Usai Voting Parlemen Austria?

Disebutkan, pengambilalihan tempat kelahiran Hitler dilakukan demi kepentingan umum, dan dilakukan secara proporsional, dan bukan tanpa kompensasi.

Dengan demikian, keputusan tersebut tidak bertentangan dengan konstitusi.

Sebelumnya telah diberitakan, Pemerintah Austria ingin merombak fasad properti untuk mengurangi "penyembahan" yang dilakukan kelompok neo-Nazi di sana.

Selain itu, Pemerintah Austria juga meminta pihak terkait mendirikan sebuah tempat pelatihan bagi para penyandang disabilitas.  

Pemilik rumah itu, Gerlinde Pommer menentang pengambilalihan tersebut, dengan mengatakan bahwa tawaran pembelian terlalu rendah.

Baca: Pemerintah Austria Berencana Sita Rumah Tempat Kelahiran Hitler

EditorGlori K. Wadrianto
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM