Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Teroris ISIS Ditangkap dalam Serangkaian Penggerebekan di Eropa

Kompas.com - 28/06/2017, 15:31 WIB

MADRID, KOMPAS.com - Enam tersangka anggota kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) ditangkap di Spanyol, Inggris, dan Jerman.

Penangkapan itu terjadi pada Rabu (28/6/2017), dalam operasi yang digelar otoritas Spanyol.

Kementerian Dalam Negeri Spanyol, seperti diberitakan AFP, menyebutkan, operasi dilakukan sebagai tindak lanjut dari penyelidikan sebuah jaringan rekruitmen teroris. 

Penggerebekan menyaras sebuah kelompok yang bersarang di Pulau Majorca, dan dipimpin oleh seorang imam Islam yang ditangkap di Inggris.

Baca: Antisipasi Terorisme, Facebook Bentuk Inisiatif Baru di Inggris Raya

Imam tersebut -seorang pria berusia 44 tahun, dibekuk oleh Unit Anti Terorisme West Midlands, atas nama pihak berwenang Spanyol.

"Penyidikan berfokus pada materi terorisme yang dibuat untuk penggunaan secara online," kata otoritas kepolisian di West Midlands.

Selanjutnya, pihak kejaksaan setempat, akan melakukan ekstradisi ke Spanyol. 

Penyelidikan dimulai pada tahun 2015 setelah pihak berwenang menemukan video yang diunggah ke internet.

Dalam unggahan itu terlihat seorang pemuda Muslim yang tinggal di Spanyol dan radikalisasinya, terkait kepergian ke Suriah.

Dalam keterangan tertulis itu disebutkan, imam yang ditangkap ini dikenal dengan ceramah publiknya dan diketahui oleh polisi dan dinas intelijen Eropa.

Dia menjadi sasaran karena mnejadi tokoh yang melakukan rekruitmen teroris, dan bertugas mengumpulkan dana untuk Suriah. 

Kelompok ini menyelenggarakan pertemuan tertutup setiap minggu, di mana berkumpul para pemuda dengan ideologi serupa.

Acara itu digelar untuk meyakinkan mereka yang mau bergabung saat akan melakukan perjalanan ke zona konflik di Suriah.

"Keterlibatan kelompok dan kesetiaan total terhadap arahan ISIS, pembelaan tindakan teroris yang dilakukan di Eropa, dan kesiapan untuk melakukan jihad dengan kekerasan, menjad dasar operasi ini."

Empat penangkapan juga dilakukan di Palma, Ibu Kota Majorca, dan satu lagi di Jerman. Sementara, perburuan lain masih dilakukan di Jerman dan Inggris.

Dinas intelijen dan kepolisian Spanyol, Inggris, dan Jerman, bersama dengan badan-badan Eropa, mengambil bagian dalam penggerebekan yang dikoordinasi otoritas Spanyol.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com