Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Akhiri Tradisi Makan Malam Jelang Lebaran di Gedung Putih

Kompas.com - 27/06/2017, 05:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintahan Donald Trump belum mengadakan makan malam di akhir bulan Ramadhan yang sudah menjadi tradisi Muslim dan diadakan di Gedung Putih selama lebih dari dua abad.

Makan malam biasanya dilakukan saat Matahari terbenam pada akhir bulan suci Ramadhan, atau bulan kesembilan dari kalender Islam.

Padahal, sebelumnya di bawah pemerintahan Clinton, Bush, dan Obama, pihak Gedung Putih bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan mempersiapkan acara itu.

Namun, tahun ini tradisi itu tak berlanjut.

Sekretaris Negara Rex Tillerson sebelumnya pernah mengatakan bahwa pemerintah tidak akan menyelenggarakan makan malam tahun ini.

"Umat Muslim di Amerika Serikat bergabung dengan Muslim di seluruh dunia selama bulan suci Ramadhan, fokus pada ibadah dan amal. Sekarang, saat mereka memperingati Idul Fitri bersama keluarga dan teman, mereka meneruskan tradisi membantu tetangga dan berbagi (zakat)," demikian pernyataan pihak Gedung Putih pada Sabtu (24/6) malam lalu, seperti dikutip Antara.

Tradisi makan malam pada akhir Ramadhan dilakukan mantan Presiden Thomas Jefferson pada Desember 1805.

Jefferson yang dikenal sebagai pendukung kebebasan beragama melakukan hal ini untuk menghormati duta besar Tunisia Sidi Soliman Mellimelli saat konflik Amerika dan negara yang mereka sebut "barbar" terjadi.

"Makan malam dilakukan persis saat Matahari terbenam," demikian isi undangannya.

Dalam catatan hariannya, John Quincy Adams menuliskan bahwa makan malam itu disajikan sore hari seperti pada bulan Ramadhan.

Terlepas dari apa yang disajikan saat makan atau siapa pun yang hadir saat itu, itu sama halnya seperti momen berbuka puasa.

Tradisi ini berlanjut pada tahun 1996, ketika Ibu Negara Hillary Clinton, setelah dirinya mempelajari lebih lanjut tentang ritual tersebut.

Sang putri, Chelsea bahkan diketahui telah mempelajari sejarah Islam di sekolahnya, menurut laporan Muslim Voices.

Selanjutnya giliran George W Bush, termasuk setelah serangan 9/11. Dia mengatakan, saat makan malam bahwa perang dilakukan untuk melawan terorisme, bukan Islam.

Bagi muslim Amerika, makan malam yang mungkin bisa kembali diadakan di Gedung Putih tahun ini merupakan sebuah harapan terwujudnya persatuan setelah kebencian terhadap muslim meningkat tajam dibandingkan 2001 lalu. Demikian seperti dilansir independent.co.uk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com